Terlalu Banyak Mikir Bisa Menyebabkan Lelah Mental

Ilustrasi lelah mental.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Beberapa peneliti menjelaskan mengapa pemikiran yang intens terkadang bisa sama melelahkannya dengan pekerjaan fisik yang berat.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Sekelompok ilmuwan telah berusaha untuk mencari tahu apa yang ada di balik perasaan lelah mental dan mengapa hal itu benar-benar dapat menguras otak seseorang.

Menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam Current Biology, asam amino-glutamat yang hadir lebih dari 90 persen telah menyebabkan komunikasi neuron ke neuron di otak manusia yang membuat lelah mental.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Ini bahkan dapat merangsang neuron sampai mati, para ilmuwan memperingatkan, mengutip dari laman Sputniknews, Senin, 15 Agustus 2022.

Selama percobaan, para peneliti memantau kimia otak dari 24 peserta yang ditugaskan untuk menyelesaikan tugas penyortiran berbasis komputer selama lebih dari enam jam.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Studi menemukan peningkatan glutamat di korteks prefrontal lateral peserta. Sementara itu, 16 peserta lain yang diberi tugas lebih mudah pada hari itu tidak menunjukkan tanda-tanda akumulasi glutamat di bagian otak.

Glutamat yang meluap-luap di otak seseorang dapat membuatnya tidak fokus sehingga semakin sulit baginya untuk menyelesaikan tugas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya