13 Area di Bulan Ditemukan, Cocok jadi Tempat Tinggal Manusia

Gambar permukaan Bulan.
Gambar permukaan Bulan.
Sumber :
  • www.space.com/NASA

VIVA Tekno – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA telah mengidentifikasi 13 area yang memungkinkan bagi umat manusia untuk membangun kehadiran jangka panjangnya di Bulan.

Adapun, NASA mengidentifikasi ke-13 area itu kemungkinan lokasi pendaratan di Bulan yang terletak di dekat Kutub Selatan Bulan tersebut bersamaan dengan persiapan untuk misi Artemis, yang bertujuan untuk menempatkan astronot AS kembali ke satelit Bumi pada 2025.

“Kami telah mengidentifikasi 13 calon daerah pendaratan di dekat Kutub Selatan bulan.  Setiap wilayah berisi beberapa lokasi pendaratan potensial untuk Artemis III,” ujar NASA melalui pernyataan resminya.

Ke-13 area pendaratan potensial tersebut, masing-masing sekitar 15 x 15 kilometer, terletak dalam enam derajat garis lintang Kutub Selatan Bulan dengan beragam fitur geologis dan merupakan daerah yang berisi daerah bayangan permanen yang kaya akan sumber daya dan medan yang belum dijelajahi oleh manusia, mengutip dari situs RT, Minggu, 21 Agustus 2022.

Menurut Jacob Bleacher, kepala ilmuwan eksplorasi di Markas Besar NASA, setiap wilayah memiliki setidaknya 10 area pendaratan potensial.

Ia mengklaim, ketika memilih zona-zona ini, para ilmuwan dan insinyur mengandalkan kumpulan data yang dikumpulkan oleh Lunar Reconnaissance Orbiter, pesawat ruang angkasa tak berawak yang saat ini beroperasi mengelilingi Bulan, serta beberapa dekade temuan sains Bulan lainnya.

Daerah yang diidentifikasi ini memiliki banyak aspek yang dipertimbangkan, diantaranya ketersediaan jendela peluncuran, peluang pendaratan yang aman, kemiringan medan, kemudahan komunikasi dengan Bumi, dan kondisi pencahayaan.

Halaman Selanjutnya
img_title