Google Doodle Tampilkan Mangkuk Ayam Jago, Begini Sejarahnya

Google Doodle Mangkuk Ayam Jago.
Sumber :
  • Google

VIVA Tekno – Google Doodle hari ini menampilkan Lampang Rooster Bowl atau mangkuk ayam jago yang ikonik. Desain ini biasanya ada di peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang. 

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

"Peralatan dapur tahan lama ini sangat populer di Asia sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013," kata Google dalam blog-nya, Senin, 12 September 2022.

Pendaftaran ini mempertegas hukum perdagangan internasional mengenai kualitas dan reputasi dari mangkuk ayam jagodi wilayah tersebut.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Mangkuk ayam diimpor ke negeri Gajah Putih dari China. Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Mangkuk ayam jago merah.

Photo :
  • U-Report
Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah yang penuh dengan mineral lempung itu dikatakan cocok untuk pembuatan keramik. 

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk ayam jago menjadi salah satu produk terlaris di kawasan itu, membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mendesain mangkuk ayam jago sesuai dengan gaya dan bahan tradisional, menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi langka. 

Karya seni Google Doodle mangkuk ayam jago itu dibuat oleh Helene Leroux. Dia membuat desain ayam jago berlari dalam mangkuk. Bunga dan daun dibuat mengapit di antara alat makan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya