Jangan Terlalu Bangga Jadi Karyawan Google dan Meta

Meta.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Meta dan Google sedang mencari cara untuk memangkas biaya, termasuk dengan mengurangi staf. Langkah tersebut dilaporkan karena mereka ingin memangkas biaya di tengah pertumbuhan yang melambat.

Kementerian BUMN Ungkap Nasib Indofarma yang Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Kemarin dilaporkan bahwa induk Facebook itu ingin memangkas biayanya setidaknya 10 persen dalam beberapa bulan ke depan, menurut laman CNET, Kamis, 22 September 2022.

Eksekutif Meta belum menggunakan istilah pemutusan hubungan kerja (PHK) tetapi mencoba untuk memotong staf dengan mengatur ulang departemen dan memberi pekerja sejumlah waktu untuk melamar peran lain di perusahaan, menurut laporan itu.

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Google juga mengharuskan beberapa karyawan untuk melamar peran baru. Upaya Meta dan Google untuk memangkas biaya menunjukkan bagaimana perusahaan, yang menghasilkan uang melalui penjualan iklan, bersiap menghadapi penurunan ekonomi.

Tidak jelas berapa banyak karyawan yang terkena dampak dari gerakan ini. Kedua perusahaan sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa mereka sedang menjajaki cara untuk memotong biaya.

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Produktif Lewat Kegiatan Lintasarta Health Day

Juru Bicara Meta Dave Arnold menunjuk pada pernyataan yang dibuat para eksekutif selama panggilan pendapatan perusahaan pada Juli tahun ini.
Pada saat itu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan perusahaan berencana untuk terus mengurangi pertumbuhan jumlah karyawan selama tahun depan.

Meta juga telah mengurangi panduan pengeluarannya sejak kuartal ketiga tahun lalu. Raksasa media sosial ini telah banyak berinvestasi dalam virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) sebagai bagian dari ambisinya untuk menciptakan metaverse. Per 30 Juni, Meta memiliki 83.553 karyawan.

Kepala Eksekutif Alphabet Sundar Pichai dilaporkan mengatakan kepada karyawan Google pada bulan Juli bahwa perusahaan akan memperlambat perekrutan untuk sisa tahun ini dan mendesak karyawan untuk menjadi 'lebih berwirausaha'.
Meta dan Google dilaporkan menetapkan batas waktu untuk berapa lama karyawan harus mencari pekerjaan lain secara internal. Karyawan Meta memiliki waktu sekitar 30 hari dan karyawan Google biasanya memiliki waktu sekitar 60 hari untuk melamar peran lain di perusahaan jika pekerjaan mereka dihilangkan. 

Namun waktu itu bisa lebih lama, tergantung pada faktor lain. Google dilaporkan memberi tahu sekitar setengah dari lebih dari 100 karyawan di inkubator startup perusahaan Area 120 bahwa mereka memiliki 90 hari untuk mencari pekerjaan lain di perusahaan, tetapi memberi mereka lebih banyak waktu jika proyek dibatalkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya