Arab Saudi Penjarakan Lansia asal AS gara-gara Twitter

Logo Twitter.
Sumber :
  • Instagram/@abdd.eyez

VIVA Digital – Pemerintah Saudi telah menjatuhkan hukuman 16 tahun penjara kepada seorang warga negara Amerika berusia 72 tahun atas tweet-nya di akun Twitter yang mengkritik rezim ultra-konservatif di Riyadh, dengan putra kritikus tua itu mengatakan ayahnya telah "disiksa" di penjara.

Embarkasi Solo Berangkatkan 11 Ribu Calon Jemaah Haji Lansia

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Senin malam 17 Oktober 2022, melansir Washington Post, mengatakan bahwa Arab Saudi pada awal Oktober menjatuhkan hukuman penjara selama 16 tahun kepada Saad Ibrahim Almadi yang merupakan warga negara AS dan keturunan Saudi-Amerika atas 14 tweet anti-Riyadh yang telah dia posting di akun Twitter-nya saat ia berada di AS.

Almadi didakwa "menyimpan ideologi teroris, mencoba mengacaukan Kerajaan, serta mendukung dan mendanai terorisme," lapor Post, menambahkan bahwa dia juga dikenai larangan perjalanan selama 16 tahun.

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

Saad Ibrahim Almadi.

Photo :
  • The Guardian

Manajer proyek berusia 72 tahun dari Florida tersebut ditahan di bandara Riyadh tahun lalu ketika dia melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk mengunjungi keluarganya.

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS telah mengkonfirmasi penahanan Almadi di Arab Saudi pada saat itu tetapi menolak untuk mengidentifikasi tuduhan tersebut.

Juru bicara itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Washington telah mengikuti kasus Almadi dengan cermat sejak penangkapannya.

"Sejak itu terjadi, kami secara konsisten dan intensif mengangkat keprihatinan kami mengenai kasus ini di tingkat senior beberapa kali di Washington dan Riyadh dan akan terus melakukannya. Pemerintah Saudi memahami prioritas yang kami lampirkan untuk menyelesaikan masalah ini," kata juru bicara itu. 

Ibrahim Almadi, putra warga negara Amerika, mengatakan kepada Washington Post bahwa Departemen Luar Negeri AS telah "lalai dan lalai" atas kasus tersebut.

Ilustrasi koruptor dipenjara.

Photo :
  • U-Report

Ibrahim mengatakan tidak ada seorang pun dari kedutaan AS di Arab Saudi yang mengunjungi ayahnya sampai enam bulan setelah penangkapannya pada November tahun lalu dan bahwa tidak ada pejabat AS yang menghadiri hukumannya meskipun telah memberi tahu mereka tentang persidangan.

Ibrahim mengatakan kepada US Daily bahwa Departemen Luar Negeri telah menyuruhnya untuk tidak berbicara di depan umum tentang kasus ayahnya, tetapi dia tidak lagi percaya bahwa diam akan mengamankan kebebasan ayahnya.

"Selama pertemuan antara pejabat kedutaan dan ayah saya pada bulan Mei, ayah saya menolak meminta Washington untuk campur tangan karena sipir Saudi mengancam akan menyiksa tahanan yang melibatkan pemerintah asing dalam kasus mereka" ujar Ibrahim menambahkan.

Dalam pertemuan kedua pada bulan Agustus, Ibrahim mengatakan ayahnya meminta bantuan Departemen Luar Negeri dan akibatnya ia disiksa.

“Almadi telah disiksa di penjara, dipaksa untuk hidup dalam kemelaratan dan dikurung dengan teroris yang sebenarnya, sementara keluarganya diancam oleh pemerintah Saudi bahwa mereka akan kehilangan segalanya jika mereka tidak diam,” ujar Ibrahim kepada Post

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Photo :

Sejak Raja Salman menjadi pemimpin de facto Arab Saudi pada tahun 2017, kerajaan telah meningkatkan penangkapan terhadap para aktivis, blogger, intelektual, dan lainnya yang dianggap sebagai lawan politik, yang menunjukkan hampir tidak ada toleransi terhadap perbedaan pendapat bahkan dalam menghadapi kecaman internasional.

Cendekiawan Muslim telah dieksekusi dan pegiat hak-hak perempuan telah ditempatkan di balik jeruji besi dan disiksa karena kebebasan berekspresi, berserikat, dan berkeyakinan terus ditolak.

Selama beberapa tahun terakhir, Riyadh juga telah mendefinisikan ulang undang-undang anti-terorismenya untuk menargetkan aktivisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya