Lagi, Roket China Akan Jatuh Tak Terkendali ke Bumi

Roket Long March 5B milik China.
Sumber :
  • Spacenews

VIVA TeknoSebuah roket China seberat 21 ton akan melakukan pendaratan darurat ke Bumi. Para ahli mencoba untuk menentukan jalur mana yang akan diambilnya ketika memasuki kembali atmosfer planet. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pendorong roket Long March 5B, yang berukuran sama dengan bangunan 10 lantai, pertama kali diluncurkan pada 31 Oktober dalam misi untuk membawa modular ketiga dan terakhir ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong China

Sekarang, roket diatur untuk masuk kembali tanpa kendali pada hari Sabtu. Sementara itu para ahli masih tidak dapat menentukan di mana tepatnya benda itu akan mendarat karena China tidak membagikan perincian tersebut. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Meskipun risiko bahayanya kecil, Administrator Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Bill Nelson mengatakan pada bulan Juli bahwa memberikan informasi semacam ini sangat penting untuk memastikan keselamatan orang-orang di Bumi

Tetapi karena China tidak melakukan apa yang dikenal sebagai de-orbit terkontrol dari tahap inti roket, itu berarti sebuah roket China akan kembali jatuh ke Bumi.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Ini bukan pertama kalinya para ahli dibiarkan menggaruk-garuk kepala soal di mana roket China akan mendarat setelah misi luar angkasa. Biasanya, tahap inti roket serupa yang mencapai orbit menyalakan mesin mereka kembali setelah melepaskan muatannya.

Proyeksi arah jatuhnya roket China Long March 5B.

Photo :
  • Tangkapan layar n2yo

Ini berarti roket bisa diarahkan ke daerah-daerah yang tidak berpenduduk, biasanya di tengah lautan ketika mereka jatuh kembali ke Bumi dari orbit. Namun sejauh ini, tidak ada peluncuran dengan Long March 5B yang memiliki kendali. 

Kembali pada bulan Juli, booster Long March lainnya juga dikirim jatuh ke Bumi tanpa China membagikan informasi apa pun tentang lintasan yang akan diambil roket saat turun.

Para ahli telah memperingatkan bahwa saat ini masih terlalu banyak ketidakpastian dalam data dan model untuk membuat prediksi yang akurat ke mana roket akan jatuh saat kembali ke Bumi.

Menurut laman Express, Jumat, 4 November 2022, tahap inti dari roket Long March 5B memiliki massa lebih dari 20 metrik ton, yang berarti potongan besar logam kemungkinan akan meledak ke permukaan bumi ketika kembali.

Sementara itu media pemerintah China telah membantah bahwa roket itu akan kembali ke Bumi, mengklaim bahwa tahap inti akan benar-benar terbakar di atmosfer Bumi saat masuk kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya