Uji Coba Magic Mushroom Bisa Redakan Depresi Akut

Magic mushroom.
Sumber :
  • Medical News Today

VIVA Digital – Selama beberapa tahun, para ilmuwan telah menyelidiki bagaimana psilocybin, senyawa psikedelik dalam magic mushroom atau jamur ajaib dapat meringankan gejala depresi.

Reza Arap Curhat Lagi Depresi, Ada Apa?

Lebih banyak bukti ditemukan dari hubungan keduanya dengan fase 2, di mana percobaan double-blind melibatkan 233 peserta yang menjadi studi terbesar tentang subjek ini yang sejauh ini pernah dilakukan dalam hal ukuran sampel.

Semua relawan mengalami depresi yang resistan terhadap pengobatan, yang berarti setidaknya dua pengobatan antidepresan tidak berhasil meredakan gangguan depresi mayor, dikutip dari situs Science Alert, Jumat, 4 November 2022.

Sebanyak 37.169 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 yang Digelar di USU

Dipimpin oleh perusahaan perawatan kesehatan mental COMPASS Pathways, uji klinis berlangsung selama 12 minggu dan dilakukan di 22 lokasi pada 10 negara berbeda di Eropa dan Amerika Utara.

Untuk keperluan penelitian, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok menerima dosis tunggal 25 mg bentuk sintetis psilocybin yang disebut COMP360, dimodelkan pada senyawa psikedelik yang ditemukan dalam jamur ajaib.

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Depresi Salah Satu Penyebab Bunuh Diri

Photo :
  • vstory

Sedangkan kelompok kedua menerima 10 mg dan kelompok terakhir (bertindak sebagai kontrol) menerima 1 mg. Tak satu pun dari sukarelawan tahu dosis mana yang mereka terima.

"Studi ini, yang sejauh ini merupakan uji klinis terbesar tentang penggunaan psilocybin untuk depresi yang resistan terhadap pengobatan hingga saat ini, menunjukkan bahwa dosis psilocybin 25 mg tunggal mengurangi keparahan gejala peserta dibandingkan dengan dosis kontrol 1 mg," kata psikiater James Rucker dari King's College London di Inggris.

Namun, tidak ada perbedaan substansial antara kelompok 10 mg dan kelompok 1 mg. Meski begitu, dalam kelompok 25 mg, 84 persen relawan melaporkan efek samping seperti sakit kepala, mual, dan pusing dalam tiga bulan setelah obat itu diminum.

Sementara segelintir lainnya mengalami efek samping yang lebih parah, termasuk dua orang melaporkan telah melukai diri sendiri dan dua lagi membuat ide untuk melakukan bunuh diri.

Peserta dari dua kelompok lainnya yang menyatakan memiliki pengalaman serupa, dengan sekitar tiga perempat di masing-masing kelompok juga menggambarkan efek yang ringan. Hanya satu persen dari mereka yang menggunakan 1 mg COMP360 mengalami efek samping yang lebih parah.

Para peneliti mencatat penelitian di masa depan perlu lebih waspada mengingat efek sampingnya, meskipun mereka yakin kemajuan subjek akan positif.

Psilocybin diberikan di kamar khusus yang dirancang untuk membuat para peserta merasa nyaman dan seorang terapis hadir sampai efek psikedelik hilang dan individu diizinkan untuk pergi (yang memakan waktu antara enam hingga delapan jam).

Ilustrasi jamur ajaib. Pixabay/Hans

Photo :
  • U-Report

Selama minggu-minggu berikutnya, Skala Peringkat Depresi Montgomery-Asberg digunakan untuk menilai setiap perubahan gejala depresi pada orang-orang yang terlibat dalam percobaan. Pertanyaan yang digunakan oleh skala meliputi suasana hati, ketegangan, tidur dan nafsu makan.

"Temuan ini merupakan langkah positif ke arah yang benar. Tugas kami sekarang adalah menyelidiki psilocybin untuk depresi yang resistan terhadap pengobatan dalam uji coba yang lebih besar dengan lebih banyak peserta, membandingkannya dengan plasebo dan pengobatan yang sudah ada," jelasnya.

Sekarang para peneliti siap untuk melanjutkan uji coba ke fase 3 di mana psilocybin akan dibandingkan dengan pengobatan terbaik yang tersedia saat ini untuk depresi. Itu akan memberi tahu kita lebih banyak tentang apakah senyawa jamur ajaib ini siap digunakan dalam skala besar.

Para peneliti menduga sifat halusinogen psilocybin mengubah konektivitas otak dalam beberapa cara, meskipun masih belum jelas persis bagaimana hal itu terjadi. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa senyawa psilocybin bisa efektif dalam mengobati kecanduan alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya