7 Cara Menghilangkan Stres, Dipeluk Orang Tercinta

Cara menghilangkan stres.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA Digital – Cara menghilangkan stres menjadi suatu hal yang mungkin dibutuhkan dicari banyak orang. Kira-kira apa yang bisa menghilangkan stres dengan cepat? Terdapat sejumlah teknik bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres, seperti pernapasan dalam dan meditasi sebagai alat yang bertindak cepat yang dapat kamu lakukan di mana saja, kapan saja.

5 Tips Nyatakan Cinta bagi Pria, Hindari Penolakan dan Dapatkan Jawaban 'Ya'

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres? Melansir dari Verywell Mind, kamu bisa mencoba teknik-teknik sederhana di bawah ini yang mungkin dapat membantu menghilangkan stres yang kamu sedang alami.

1. Lakukan Imajinasi Terpandu

Buat Diri Lebih Tenang, Atasi Stres dengan 4 Tips Sederhana Ini

Ilustrasi merenung.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan stres yang pertama bisa kamu coba adalah imajinasi terpandu. Imajinasi terpandu maksudnya adalah seperti mengambil liburan singkat dalam pikiran. Misalnya kamu membayangkan diri sedang berada di "tempat bahagia". Misalnya seperti membayangkan diri sedang duduk di pantai, mendengarkan ombak, mencium bau laut dan merasakan pasir hangat.

Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

Imajinasi terpandu dapat dilakukan dengan mendengarkan rekaman seseorang memandu kamu melalui pemandangan yang damai. Setelah kamu tahu cara melakukannya sendiri, klamu dapat mempraktikkan imajinasi terpandu itu sendiri.

Cukup tutup mata kamu selama satu menit dan berjalanlah melalui pemandangan yang damai. Pikirkan tentang semua pengalaman sensorik yang kamu lakukan dan biarkan diri merasa seperti benar-benar ada di sana. Setelah beberapa menit, buka mata dan kembali ke saat ini.

2. Merenung atau Meditasi

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Selanjutnya kamu bisa coba meditasi yang dapat menjadi penghilang stres jangka pendek serta manfaat manajemen stres yang langgeng. Ada banyak bentuk meditasi yang bisa untuk dicoba, masing-masing unik dan membawa daya tariknya sendiri

Kamu bisa menarik napas dalam-dalam atau mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk melatih perhatian penuh yang melibatkan keberadaanmu saat ini. Cukup perhatikan apa yang kamu lihat, dengar, rasakan, sentuh dan cium.

Ketika kamu fokus pada saat ini dan di sini, kamu tidak akan dapat merenungkan sesuatu yang telah terjadi dan tidak dapat mengkhawatirkan sesuatu di masa depan. Meditasi dan perhatian membutuhkan latihan, tetapi itu dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat stres secara keseluruhan karena membawa kamu kembali ke masa sekarang.

3. Berlatih Relaksasi Otot Progresif

ilustrasi olahraga karate

Photo :
  • Pixabay/svklimkin

Relaksasi otot progresif melibatkan relaksasi semua otot di tubuhmu. Untuk berlatih, kamu bisa mulai dengan beberapa tarik napas dalam-dalam. Kemudian, berlatih mengencangkan dan merilekskan setiap kelompok otot, mulai dari dahi hingga ke jari kaki.

Dengan latihan ini, kamu akan belajar mengenali ketegangan dan kekencangan pada otot dan kamu akan lebih mudah rileks. Namun, setiap kali kamu berlatih, kamu harus mengalami perasaan relaksasi yang menyapu seluruh tubuhmu.

4. Fokus pada Pernapasan

Meditasi disela-sela kesibukan

Photo :
  • Eat This

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan fokus pada pernapasan. Hanya berfokus pada napas atau mengubah cara kamu bernapas dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stres secara keseluruhan. Teknik pernapasan dapat menenangkan tubuh dan otak hanya dalam beberapa menit

Hal baiknya lagi adalah bahwa tidak ada orang lain di sekitarmu yang tahu bahwa kamu sedang melakukannya. Jadi, misalnya saat kamu sedang dalam rapat yang penuh tekanan atau sedang duduk di teater yang ramai, latihan pernapasan bisa menjadi kunci untuk mengurangi stres. 

5. Jalan-jalan

ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Pixabay

Mungkin ini adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling banyak disukai. Berjalan-jalan memungkinkan kamu menikmati perubahan pemandangan, yang dapat membawa ke dalam kerangka berpikir yang berbeda dan juga membawa manfaat olahraga.

Jadi apakah kamu hanya perlu berjalan-jalan di sekitar kantor untuk beristirahat dari tugas yang membuat frustrasi atau Anda memutuskan untuk berjalan-jalan di taman setelah bekerja, berjalan adalah cara sederhana tapi efektif untuk meremajakan pikiran dan tubuh. 

6. Dapatkan Pelukan dari Orang Tercinta

cara menghilangkan stres

Photo :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

Sentuhan fisik dapat melakukan banyak hal untuk menghilangkan stres. Memeluk orang yang dicintai bisa sangat bermanfaat untuk kamu. Saat kamu memeluk seseorang, oksitosin ("hormon pelukan") dilepaskan. Oksitosin dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah.

Oksitosin juga menyebabkan penurunan tekanan darah. Ini mengurangi hormon stres norepinefrin dan dapat menghasilkan rasa relaksasi.

Jadi jangan takut dan malu untuk meminta pelukan dari orang yang kamu cintai jika kamu membutuhkannya. Ini baik untuk kamu berdua dan bisa menjadi salah satu bentuk penghilang stres paling sederhana yang bisa dilakukan.

7. Nikmati Aromaterapi

Aromaterapi

Photo :
  • inmagine

Terakhir, nikmati aromaterapi yang memiliki manfaat nyata untuk menghilangkan stres. Aromaterapi dapat membantu kamu merasa berenergi, lebih rileks atau lebih hadir pada saat itu.

Penelitian yang muncul menunjukkan aroma tertentu dapat mengubah aktivitas gelombang otak dan mengurangi hormon stres dalam tubuh Jadi, kamu bisa  menikmati lilin aroma, diffuser atau produk tubuh lainnya. Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa aromaterapi ke dalam hari-hari kamu agar dapat mengurangi tingkat stres.

Ilustrasi nge-Gym

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan salah satu cara yang populer adalah dengan berolahraga di gym. Berikut fakta-faktanya

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024