Geger Situs Presiden Tidak Bisa Diakses

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin memakai pakaian adat HUT RI ke-77.
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin memakai pakaian adat HUT RI ke-77.
Sumber :
  • Tv Parlemen

VIVA Tekno – Situs dengan domain presiden.go.id membuat heboh karena tidak bisa diakses sejak Rabu malam, 23 November 2022. Sementara untuk situs lainnya presidenri.go.id dan wapresri.go.id terpantau masih dapat diakses.

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center), Pratama Persadha menjelaskan bahwa situs tersebut tidak bisa dibuka bukan karena ulah hacker melainkan belum membayar domain.

"Tentu ini hal yang sangat memalukan dan seharusnya tidak terjadi. Website resmi presiden yang seharusnya ada yang memantau, mengecek dan melakukan maintenance maupun melakukan postingan sampai lupa diperpanjang langganan domainnya," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 24 November 2022.

Kejadian ini menjelaskan ke publik bagaimana masalah siber, baik dari sisi keamanan dan maintenance yang masih jauh dari ideal. Terlebih ini menyangkut pada situs kepresidenan.

"Tentu ini bukan perkara harga domain yang seharusnya juga tidak seberapa. Ini murni masalah awarness dan ini masalah serius karena ini aset digital RI 1. Bayangkan saja akibat kurang pengecekan nantinya situs diretas dan diposting oleh peretas berbagai hal yang tidak sesuai, tentu akan mengundang polemik lebih jauh." imbuhnya.

Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali

Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Lebih lanjut dia mengatakan agar masalah seperti ini tidak terulang, maka Sekretariat Negara dan tim kepresidenan melakukan inventarisasi aset digital apa saja yang dimiliki Presiden dan Wakil Presiden.