Meta, Induk Facebook dan WhatsApp Kembali Didenda, Kali Ini Capai Rp4 Triliun

Meta (Facebook).
Sumber :
  • BeInCrypto

VIVA Tekno – Komisi Perlindungan Data Irlandia (DPC) memukul Meta dengan denda €265 juta (Rp4,3 triliun) karena kebocoran data pada April 2021 yang mengungkap informasi lebih dari 533 juta pengguna.

Yuk Pahami Aturan Barang Kiriman Hasil Perdagangan

DPC memulai penyelidikan tak lama setelah berita kebocoran pecah. Pemeriksaan dilakukan untuk mengungkap apakah Facebook mematuhi undang-undang Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Eropa.

Informasi yang bocor ditemukan oleh Insider kemudian diposting ke forum peretasan online dan menyertakan nama lengkap, nomor telepon, lokasi, dan tanggal lahir pengguna di platform tersebut dari 2018 hingga 2019.

Stafsus Menkeu: Bea Cukai Bukan Keranjang Sampah

Saat itu, Meta mengatakan aktor jahat tersebut memperoleh informasi tersebut melalui kerentanan yang diperbaiki perusahaan pada 2019 dan ini adalah informasi yang sama, yang terlibat dalam kebocoran sebelumnya yang dilaporkan oleh Motherboard pada Januari 2021.

Ini menandai denda ketiga yang dikenakan DPC pada Meta tahun ini. Pada bulan Maret, DPC mendenda Meta US$18,6 juta (Rp292 miliar) karena pencatatan yang buruk sehubungan dengan serangkaian pelanggaran data tahun 2018 yang mengungkap informasi hingga 30 juta pengguna Facebook.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Meta (Facebook).

Photo :
  • DigitalAge

Regulator Eropa juga menghukum Meta dengan denda US$402 juta (Rp6,3 triliun) pada bulan September menyusul penyelidikan atas penanganan data remaja oleh Instagram, menurut situs The Verge, Selasa, 29 November 2022.

Meta telah didenda hampir US$700 juta oleh DPC pada tahun 2022, belum termasuk denda US$267 juta (Rp4,2 triliun) untuk WhatsApp karena melanggar undang-undang privasi data Eropa tahun lalu.

"Kami melakukan perubahan pada sistem kami selama waktu yang dimaksud, termasuk menghapus kemampuan untuk mengikis fitur kami dengan cara menggunakan nomor telepon," kata juru bicara Meta.

Pengumpulan data yang ilegal tidak dapat diterima dan bertentangan dengan peraturan perusahaan dan mereka akan terus bekerja sama dalam tantangan industri ini. Meta meninjau keputusan ini dengan hati-hati.

Perusahaan menyoroti apa yang dilakukannya untuk memerangi pengikisan data dalam posting blog pada tahun lalu, mencatat bahwa induk Facebook, WhatsApp dan Instagram ini menugaskan tim Penyalahgunaan Data Eksternal (EDM) untuk mendeteksi, memblokir, dan mencegah hal yang sama kembali terulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya