10 Negara Terbaik Dunia untuk Perempuan, Dijamin Bikin Betah dan Nyaman

Helsinki, Finlandia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Digital – Peran perempuan dalam masyarakat secara historis memberi mereka banyak rintangan, mulai dari hak atas pendidikan, bekerja di luar rumah, dan tentu saja, hak pilih universal, perempuan di seluruh dunia telah lama memperjuangkan kesetaraan.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Saat ini langkah signifikan telah dibuat dalam menjembatani kesenjangan dengan laki-laki. Semakin banyak perempuan menduduki angkatan kerja, berpendidikan tinggi, dan menempati posisi kekuasaan yang tinggi. 

Artikel ini membahas negara-negara terbaik untuk wanita menurut data dari Georgetown Institute for Women, Peace, and Security.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Penghuni wanita

Photo :

1. Norwegia - 0,922

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Tim nasional sepak bola wanita Norwegia merayakan gol selama pertandingan Piala Dunia Wanita FIFA 2019 antara Korea Selatan dan Norwegia. Berdasarkan peringkat dari 170 negara, Norwegia menempati predikat sebagai tempat terbaik untuk hidup sebagai wanita, menurut data Georgetown. 

Dengan rata-rata 13 tahun bersekolah, perempuan di Norwegia termasuk yang paling berpendidikan di dunia, dan 58% dari semua perempuan memiliki pekerjaan tetap.  Selain itu, sekitar 45% dari seluruh kursi parlemen dipegang oleh perempuan, yang juga menduduki jabatan Perdana Menteri. Terakhir, Erna Solberg menjabat sebagai kepala pemerintahan hingga 2021. 

2. Finlandia - 0,909

Finlandia menempati urutan kedua setelah Norwegia sebagai salah satu tempat ideal untuk tinggal dan bekerja sebagai seorang wanita. Rata-rata wanita Finlandia menyelesaikan 12,9 tahun sekolah, sementara 52,7% aktif bekerja. Di arena politik, perempuan menempati 46% kursi Parlemen, dan Perdana Menteri negara saat ini adalah Sanna Marin, yang pada usia 34 tahun menjadi kepala pemerintahan termuda dalam sejarah Finlandia. 

3. Islandia - 0,907

Perempuan di Islandia menyelesaikan rata-rata 12,6 tahun sekolah, sementara sekitar 88% perempuan usia kerja adalah angkatan kerja aktif. Dengan beberapa penggunaan ponsel tertinggi di dunia, 99,6% wanita Islandia menggunakan perangkat seluler. Lebih dari 40% anggota parlemen adalah perempuan. Pada tahun 1980, Islandia menjadi negara pertama di dunia yang memilih presiden perempuan, Vigdís Finnbogadóttir. Perdana Menteri saat ini juga seorang wanita, Katrin Jakobsdottir, yang telah menjabat sejak 2017. 

4. Denmark - 0,903

Seperti negara-negara Skandinavia lainnya, Denmark memiliki peringkat yang sangat tinggi untuk kualitas hidupnya, termasuk wanita. Dengan hampir 100% akses ke ponsel dan penggunaan internet, wanita Denmark rata-rata menyelesaikan 13,1 tahun pendidikan. Selain itu, 54% dari semua perempuan pekerja yang memenuhi syarat memiliki pekerjaan aktif, yang berarti peningkatan inklusi dan peluang perempuan masih dapat dilakukan. Di ranah politik, kurang dari 40% kursi Parlemen Denmark dipegang oleh perempuan, sementara Perdana Menteri saat ini, Mette Frederiksen, juga perempuan. 

5. Luksemburg - 0,899

Negara mikro kecil Luksemburg melengkapi lima negara terbaik untuk wanita, menurut data Institut Georgetown. Meski hanya memiliki populasi 645.397 jiwa, wanita menikmati gaya hidup yang nyaman dan bermanfaat di sini. Dengan rata-rata 12 tahun sekolah dan tingkat pekerjaan 54,9%, para wanita Luxembourg aktif terlibat dalam masyarakat. Sementara itu, 31,7% kursi Parlemen Luksemburg dipegang oleh perempuan, meningkat tiga poin dari tahun 2017. Selain itu, 85,6% perempuan di negara tersebut melaporkan merasa aman dalam komunitasnya. 

Penghuni wanita

Photo :


6. Swiss - 0,898

Salah satu negara paling maju di dunia, Swiss menawarkan penduduknya beberapa kualitas hidup tertinggi di seluruh dunia. Bagi wanita Swiss, ini berarti akses ke pendidikan berkualitas, peluang kerja, dan stabilitas keuangan. Memang rata-rata wanita Swiss mencapai setidaknya 12,7 tahun sekolah, sementara hanya di bawah 60% yang aktif bekerja. Selain itu, 98,9% melaporkan dilibatkan secara finansial dalam pengambilan keputusan, sementara perempuan memegang 39% dari semua kursi parlemen, meningkat 10% sejak 2017. 


7. Swedia - 0,895

Yang terakhir dari negara Skandinavia yang muncul di sepuluh tempat terbaik untuk wanita, wanita Swedia menikmati kualitas hidup yang sangat tinggi. Sekitar 57,3% dari semua wanita Swedia aktif bekerja, sementara rata-rata, mereka mengenyam pendidikan minimal 12,7 tahun. Mewakili sekitar 47% dari semua kursi di Parlemen Swedia, 68,9% wanita juga melaporkan merasa aman di komunitasnya masing-masing. 


8. Austria - 0,891

Wanita Austria menikmati banyak peluang untuk perkembangan sosial dan pertumbuhan finansial dan termasuk dalam 98,4% dari semua keputusan finansial. Menempati 51,7% angkatan kerja aktif dan menerima rata-rata 12,2 tahun sekolah, perempuan Austria juga mengisi sekitar 40% kursi parlemen, naik sepuluh poin dari tahun 2017. Selain itu, 84% perempuan melaporkan merasa aman di rumah dan rumah mereka. komunitas. 


9. Inggris Raya - 0,888

Termasuk negara-negara Inggris , Wales , Skotlandia , dan Irlandia Utara , Inggris menawarkan rata-rata 13,2 tahun sekolah kepada para wanitanya. Sementara itu, sekitar 56,3% aktif bekerja dan termasuk dalam 96,1% dari seluruh keputusan keuangan. Di bidang politik, 30,6% diwakili di Parlemen, dengan tiga wanita menduduki jabatan Perdana Menteri baru-baru ini pada tahun 2022. Selain itu, hampir 78% melaporkan merasa sangat aman di komunitas dan rumah mereka di seluruh Inggris. 

Penghuni wanita

Photo :


10. Belanda - 0,885

Membulatkan sepuluh negara terbaik untuk wanita adalah Belanda , di mana 54,8% merupakan bagian dari angkatan kerja aktif. Selain rata-rata 12,1 tahun bersekolah, perempuan Belanda juga merupakan 99,8% dari inklusi keuangan. Mewakili 35% dari semua kursi di pemerintahan, 74,4% wanita yang disurvei di Belanda melaporkan merasa aman dalam komunitas mereka, dengan hanya di bawah 95% yang memiliki akses ke perangkat seluler.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya