Serangga Jantan dan Betina Bisa Tukar Alat Kelamin

Gynosome pada kutu kulit betina.
Sumber :
  • Kazunori Yoshizawa

VIVA Tekno – Dunia binatang penuh dengan alat kelamin aneh, dari argonaut yang melepaskan pembawa sperma dan mengirimkannya kepada betina untuk dikawinkan, hingga echidna jantan dengan penis yang berujung empat.

Terpopuler: 5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Beribadah di Tanah Suci, 5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia

Beberapa serangga bahkan mempersenjatai alat kelaminnya untuk melawan predator. Dalam pengaturan lain yang menonjol, kutu kulit jantan dan betina penghuni gua Neotrogla (kerabat jauh kutu buku) telah bertukar bentuk kelamin.

Artinya, betina mempunyai bagian yang menonjol (penis) dan jantan memiliki rongga (vagina). Dalam kasus kutu kulit pemakan kotoran kelelawar, jantan memiliki lekukan seperti vagina, di mana betina memasukkan struktur seperti penis mereka –disebut gynosome– untuk mengait dan menyedot sperma jantan.

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Ahli entomologi Universitas Hokkaido, Zixin Cheng dan rekannya, menggunakan tomografi komputer mikro untuk membuat model 3D dari serangga bersayap yang bersanggama dari gua-gua di Brasil.

Cara ini untuk mengetahui bagaimana struktur ini berfungsi dan menentukan bagaimana pembalikan alat kelamin yang lengkap itu bisa terjadi.

Bukan Buat Cewek! Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra

Mereka menegaskan bahwa tidak seperti alat kelamin wanita lain yang menonjol layaknya penis semu, gynosome adalah organ yang lebih kompleks dengan otot dan pipa khusus untuk menyesuaikan menghisap sperma.

Gynosome kutu kulit betina yang digembungkan.

Photo :
  • Universitas Hokkaido

Dengan menggunakan kait di dasar gynosome, betina dapat menempel pada jantan untuk waktu yang sangat lama, bahkan hingga 70 jam, mengutip dari situs Science Alert, Jumat, 13 Januari 2023.

Satu set otot membantu gynosome membuka dan memasuki pejantan, di mana ia mengembang dengan air mani yang disedotnya.

Seperangkat otot lain kemudian mengontraksi organ tersebut sehingga dapat menyimpan sperma ke dalam sepasang slot penyimpanan di dalam tubuh betina.

"Fitur unik ini membuat persaingan perempuan-perempuan lebih intens, mendukung evolusi penis perempuan," kata Cheng, dalam makalahnya.

Dengan dua organ penyimpan sperma, Neotrogla betina dapat menyimpan dua kali lipat jumlah sperma. Penyimpanan ekstra ini dapat memberikan petunjuk mengapa serangga begitu aktif dalam usahanya untuk menemukan air mani.

Sperma dikemas dalam spermatofor yang berisi nutrisi. Di lingkungan gua yang kekurangan sumber daya, nutrisi ini dapat melayani tujuan penting lainnya.

Terlebih lagi dijelaskan bahwa betina mampu mengekstraksi sperma, bahkan ketika serangga masih terlalu muda untuk bereproduksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya