Waspada Ya, 20 Daerah Berpotensi Alami Banjir Rob karena Ada Bulan Baru

Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Aji Styawan

VIVA Tekno – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru saja mengeluarkan peringatan dini soal potensi banjir di wilayah pesisir atau banjir rob di Indonesia.

Basarnas Evakuasi Ayah dan Anak yang Terjebak Banjir di Konawe Utara

Hal ini karena adanya fenomena new moon atau fase Bulan baru yang diiringi dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi. 

Pada Selasa, 17 Januari 2023 lalu, BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan dini soal potensi banjir rob di beberapa wilayah pesisir Tanah Air.

Ratusan Warga Pesisir Selatan Diserang Virus Diare, 4 Orang Meninggal

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakaan sekitar 20 wilayah pesisir Indonesia berpotensi mengalami banjir rob mulai dari 19 hingga 29 Januari mendatang.

“Potensi banjir pesisir atau rob tanggal 19 sampai 29 Januari 2023, terjadi bersamaan dengan fenomena super new moon atau fase Bulan baru yang disertai dengan perigee (jarak terdekat bulan ke Bumi),” ungkap Guswanto dalam keterangan resminya, Kamis, 19 Januari 2023.

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Banjir rob di Muara Angke, Minggu 25 Desember 2022

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Lebih lanjut, Guswanto juga mengimbau kepada seluruh pihak dan juga masyarakat khususnya pengguna transportasi angkutan penyeberangan agar meningkatkan kewaspadaan sebagai salah satu cara beradaptasi dan mitigasi kondisi tersebut. Berikut wilayah pesisir Indonesia yang berpotensi mengalami banjir rob.

1. Pesisir Aceh

2. Pesisir Sumatera Utara

3. Pesisir Sumatera Barat

4. Pesisir Lampung

5. Pesisir Kep. Riau

6. Pesisir Bangka Belitung

7. Pesisir Banten

8. Pesisir utara DKI Jakarta

9. Pesisir Jawa Barat

10. Pesisir Jawa Tengah

11. Pesisir Jawa Timur

12. Pesisir Bali

13. Pesisir Nusa Tenggara Barat

14. Pesisir Nusa Tenggara Timur

15. Pesisir Kalimantan Barat

16. Pesisir Kalimantan Tengah

17. Pesisir Maluku Utara

18. Pesisir Maluku

19. Pesisir utara Papua

20. Pesisir Papua Selatan

Foto udara kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022.

Photo :
  • ANTARA/Aji Styawan

Banjir rob sendiri dikenal dengan sebutan banjir pasang yang merupakan banjir sementara di wilayah dataran rendah di dekat pantai.

Daerah yang berisiko bisa saja mengalami banjir ini selama beberapa kali dalam setahun. Meski begitu, banjir ini juga bisa mengakibatkan dampak yang signifikan terhadap daerah pesisir rendah.

Penyebab dari banjir rob ini biasanya berasal dari kombinasi angin, badai di lepas pantai, hingga siklus Bulan Purnama selama pasang tinggi, seperti bulan baru dan Bulan Purnama. Akibatnya, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir diharapkan selalu waspada dengan kedatangan banjir rob.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya