Area31 Punya Fasilitas yang Terhubung Langsung ke Satelit

Ilustrasi satelit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Pesatnya transformasi digital di Indonesia saat ini telah mendorong permintaan terhadap fasilitas pusat data atau data center yang juga semakin meningkat. Seperti diketahui, Indonesia memiliki visi dalam hal transformasi digital.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Mulai dari mengatasi kesenjangan infrastruktur telekomunikasi di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), menerapkan ekonomi digital 4.0, hingga digitalisasi bisnis yang semakin pesat akibat pandemi Covid-19.

PT Dunia Virtual Online (DVO) menghadirkan meresmikan pengoperasian data center miliknya bernama AREA31 yang berlokasi di Jalan Raya Tapos No.31 Depok, Jawa Barat.

Tak cuma Unggul Lewat Transformasi Digital, tapi Harus Menunjang Kelancaran Operasional

Direktur Penjualan dan Pemasaran AREA31 Yoke Tangkar membeberkan sejumlah keunggulan dan diferensiasi dari kompetitor. Ia mengklaim, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika/BMKG, lokasi AREA31 relatif aman dari bencana gempa Bumi dan banjir.

AREA31 mengusung konsep yang berbeda dari data center lainnya sebagai integrated facility, yang mana tidak hanya menawarkan layanan data center tapi juga fasilitas teleport, yaitu stasiun Bumi yang bisa terhubung langsung ke satelit dan jaringan terestrial.

Menkominfo ingin Data Center Indonesia Mendunia

Luas lahan yang mencapai 20 ribu meter persegi telah dibangun satu gedung data hall. Fasilitas pertama disebut bisa memuat 600 rak server untuk data center. Rencananya, fase kedua akan dibangun model yang sama sehingga akan bisa memuat 1.200 rak ke depannya.

Area31 Datacenter di Depok, Jawa Barat.

Photo :
  • Dok. Dunia Virtual Online

Berbeda dengan konsep gedung data center pada umumnya, AREA31 mengusung konsep 'military bunker' yang dilengkapi dengan 8 lapis keamanan tingkat tinggi (8 High-Security Layers), serta memiliki diferensiasi unggul, yakni Naming Rights.

Yaitu, setiap pelanggan yang berlangganan 1 Data Hall dengan kapasitas 150 Rack maka pelanggan dapat menyematkan brand atau company name sebagai identitas dari Data Hall tersebut.

Lokasi data center AREA31 berjarak 26 km dari pusat ibu kota Jakarta, dan bisa diakses dari exit toll Jagorawi, yakni KM19 Cimanggis dan KM27 Cibinong.

Data center ini juga memiliki desain gedung double roof structure yang mereduksi panas serta mitigasi kebocoran air dari atap.

Bagian dindingnya menggunakan sandwich panel dengan foam cores sehingga menjaga temperatur dan tingkat kelembaban yang membantu sistem pendingin. AREA31 disebut berlangganan pasokan listrik premium dari PLN termasuk dari sumber renewal energy.

"Kami juga mengusung model bisnis carrier neutral facility yang membuka kemitraan untuk semua penyedia internet, cloud, dan data center," ungkap Yoke di Kantor AREA31, Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa, 31 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya