Ilmuwan Ungkap Kursi Pesawat Paling Besar Kemungkinan Selamat saat Kecelakaan

Ilustrasi kursi di pesawat.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Digital – Peluang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat adalah sekitar 1 berbanding 11 juta, tetapi peluang bertahan hidup bergantung pada pilihan tempat duduk.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Seorang ahli penerbangan mengungkapkan tingkat kematian 44 persen untuk pelancong yang duduk di kursi lorong di tengah pesawat, dibandingkan dengan 28 persen untuk kursi belakang tengah.

Doug Drury, seorang profesor di Central Queensland University, mengatakan karena kursi lorong tidak menawarkan penyangga di satu sisi, kemungkinan besar penumpang akan terkena properti tabrakan.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Penumpang yang tidak dapat mengamankan kursi teraman mungkin lebih beruntung bertahan di kursi tengah dan dekat jendela di bagian tengah pesawat.

Namun, kemungkinan kematian dalam kecelakaan pesawat terbang tidak ada hubungannya dengan tempat Anda duduk dan lebih pada keadaan seputar kecelakaan itu.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Drury membagikan informasi ini dalam The Conversation, meyakinkan para pelancong bahwa "perjalanan udara adalah moda transportasi yang paling aman." Namun, tentu pesawat jatuh, jadi ia berbagi tempat terbaik dan terburuk untuk duduk di pesawat.

Sang profesor menjelaskan bahwa pada 1989, United Flight 323 jatuh di Sioux City, Iowa. Dari 184 dari 269 penumpang selamat, sebagian besar duduk di belakang first class atau kelas satu, dekat bagian depan pesawat.

Investigasi selama 35 tahun oleh TIME menemukan kursi di sepertiga belakang pesawat memiliki tingkat kematian 32 persen, dibandingkan dengan 39 persen di sepertiga tengah dan 38 persen di sepertiga depan.

Para penyintas kecelakaan yang duduk di dekat pintu keluar darurat memiliki rute keluar yang lebih cepat dari pesawat, membuatnya lebih mungkin untuk menjauh dari sebuah insiden, menurut sebuah studi dari University of Greenwich.

Para peneliti menemukan bahwa kursi hingga lima baris dari pintu keluar menawarkan peluang yang lebih baik untuk melarikan diri jika terjadi kebakaran.

Namun, ketika duduk enam baris atau lebih dari pintu keluar, "kemungkinan meninggal jauh lebih besar daripada yang selamat." 

Dalam hal selamat dari kebakaran, mereka yang duduk di lorong memiliki peluang sedikit lebih tinggi untuk selamat, sebesar 65 persen, daripada mereka yang duduk di dekat jendela (58 persen).

Penumpang di bagian depan pesawat memiliki peluang 65 persen untuk melarikan diri, sedangkan penumpang di bagian belakang hanya memiliki peluang 53 persen.

Robert Gifford, direktur Dewan Penasihat Parlemen untuk Keamanan Transportasi, berkata: "Kesempatan Anda untuk bertahan hidup tidak boleh didasarkan pada kemampuan Anda untuk membayar kursi pintu keluar darurat atau memesan kursi Anda secara online,"

Studi ini mengamati berbagai kecelakaan udara, termasuk kebakaran di pesawat dan tabrakan. Salah satunya adalah kebakaran bandara Manchester tahun 1985 yang merenggut 55 nyawa di British Airtours 737 yang disebabkan oleh mesin yang meledak.

Api yang dihasilkan berkobar di satu sisi pesawat, menghalangi beberapa pintu keluar. Studi tersebut menemukan bahwa penumpang yang meninggal, rata-rata, duduk lebih dari dua kali lipat jarak dari pintu keluar yang dapat digunakan daripada mereka yang selamat.

Semua pesawat harus lulus tes untuk dikosongkan dalam 90 detik. Dalam tes, awak kabin membantu penumpang keluar. Namun laporan tersebut mengatakan bahwa situasi percobaan tidak mempertimbangkan "ikatan sosial" antara penumpang, orang dewasa cenderung membantu anak-anak melarikan diri, misalnya.

Pintu keluar mungkin tidak dapat digunakan atau diblokir, dan beberapa awak kabin mungkin meninggal dalam kecelakaan itu.

Penumpang dalam penelitian ini lebih cenderung mematuhi instruksi awak kabin dalam ujian daripada dalam keadaan darurat.

"Dalam keadaan darurat nyata, di mana penumpang mungkin memiliki pilihan arah untuk melarikan diri, mereka mungkin pada akhirnya mengabaikan perintah kru dan mencoba menggunakan pintu keluar terdekat," menurut penelitian pada 2008.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya