Ilmuwan Mau Bikin Komputer dari Otak Manusia

Ilustrasi kecerdasan organoid (OI).
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno  – Para ilmuwan ingin membuat komputer dari bahan yang sama yang menggerakkan otak manusia. Pengembang komputer telah lama berupaya meniru kinerja otak manusia, terutama dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Namun teknik-teknik tersebut tidak pernah mampu menandingi berbagai pencapaian yang telah dicapai manusia dengan menggunakan otak organiknya sendiri.

Para ilmuwan sekarang berharap bahwa dengan membuat biokomputer, yang terbuat dari kumpulan sel otak tiga dimensi, dapat membantu mereka lebih dekat dengan impian tersebut. 

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Teknologi tersebut akan bekerja seperti perangkat keras biologis yang memungkinkan perkembangan pesat jenis komputer baru, klaim mereka yang dikutip dari laman Independent, Rabu, 1 Maret 2023.

Para peneliti telah melatih komputer berbasis otak untuk memainkan video game Pong dan berharap untuk meningkatkan dan mereplikasinya sehingga dapat menghasilkan semacam kemampuan baru yang mirip dengan kecerdasan buatan.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

“Kami menyebut bidang interdisipliner baru ini sebagai 'kecerdasan organoid' (OI). Komunitas ilmuwan top telah berkumpul untuk mengembangkan teknologi ini, yang kami yakini akan meluncurkan era baru biokomputer yang cepat, kuat, dan efisien,” kata Thomas Hartung dari Universitas Johns Hopkins.

ilustrasi otak manusia.

Photo :
  • Pixabay

Sejumlah peneliti telah mengusulkan pekerjaan baru yang akan melihat organoid otak untuk menggerakkan komputer. Meski tumbuh di laboratorium, tetapi itu berbagi aspek penting dari fungsi dan pola otak, termasuk banyak sel yang digunakan untuk hal-hal seperti pembelajaran dan memori.

Para peneliti berharap biokomputer semacam itu dapat belajar lebih cepat daripada komputer berbasis silikon. Komputer organik juga akan lebih efisien serta mampu menyimpan lebih banyak detail.

“Otak juga memiliki kapasitas luar biasa untuk menyimpan informasi, diperkirakan mencapai 2.500TB,” kata Hartung.

Itu mencapai batas fisik komputer silikon karena peneliti tidak dapat mengemas lebih banyak transistor ke dalam sebuah chip kecil. Tetapi otak terhubung dengan sangat berbeda. 

"Ini memiliki sekitar 100 miliar neuron yang terhubung melalui lebih dari 1.015 titik koneksi. Ini adalah perbedaan kekuatan yang sangat besar dibandingkan dengan teknologi kami saat ini,” imbuhnya.

Sejumlah pekerjaan diperlukan sebelum biokomputer bisa menjadi sesuatu yang praktis untuk penggunaan yang sebenarnya. Mereka harus jauh lebih besar serta dapat mengomunikasikannya dengan mengirim dan menerima informasi untuk memahami apa yang mereka pikirkan.

Selain meningkatkan komputasi, komputer organik juga dapat membantu memberi tahu kita lebih banyak tentang otak yang menginspirasi mereka. Para peneliti dapat membandingkan bagaimana organoid yang sehat, belajar dengan orang yang mungkin memiliki kondisi neurologis serta menguji bagaimana zat merusak otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya