Hanya 11 Menit Jalan Cepat Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Ilustrasi jalan kaki.
Sumber :
  • Pixabay/Mabel Amber

VIVA Digital – Berjalan cepat hanya selama 11 menit sehari dapat memangkas kemungkinan kematian dini hingga hampir seperempat, temuan sebuah penelitian baru. Satu dari sepuluh kematian dini dapat dicegah jika setiap orang mengelola setidaknya setengah dari tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Para ahli mengatakan temuan itu harus menghentikan orang yang enggan olahraga dengan membuktikan “melakukan beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali”.

NHS merekomendasikan orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi seminggu. Tetapi sebuah penelitian baru oleh Universitas Cambridge menemukan bahwa melakukan setengah dari ini secara substansial mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

jalan kaki

Photo :
  • U-Report

Melansir Daily Mail Health, analisis data yang melibatkan lebih dari 30 juta orang menemukan 75 menit per minggu aktivitas intensitas sedang, seperti bersepeda, mendaki atau menari, menurunkan risiko kematian dini sebesar 23%.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Secara khusus, itu memotong kemungkinan mengembangkan penyakit kardiovaskular, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, sebesar 17% dan kanker sebesar 7%. Mereka yang melakukan lebih dari tingkat yang direkomendasikan, memiliki manfaat tambahan 'marginal', menurut temuan yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

Dr Soren Brage, dari Unit Epidemiologi Medical Research Council (MRC) Cambridge mengatakan: “Jika Anda adalah seseorang yang menganggap ide aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit seminggu agak menakutkan, maka temuan kami seharusnya menjadi kabar baik. Ingat, melakukan sedikit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak melakukan apapun,”

“Ini juga merupakan posisi awal yang baik, jika Anda menemukan bahwa 75 menit seminggu dapat diatur, maka Anda dapat mencoba meningkatkannya secara bertahap hingga jumlah yang disarankan sepenuhnya,”

Para peneliti melihat hasil yang dilaporkan dalam 196 artikel peer-review, yang mencakup lebih dari 30 juta peserta dari 94 kelompok studi besar. Mereka meneliti hubungan antara tingkat aktivitas fisik dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian dini.

Mereka mengamati bahwa, di luar aktivitas fisik terkait pekerjaan, dua dari tiga orang melaporkan tingkat aktivitas di bawah 150 menit per minggu dari aktivitas sedang dengan kurang dari satu dari 10 yang mengelola lebih dari 300 menit per minggu.

jalan kaki

Photo :
  • U-Report

Mereka mencatat bahwa manfaat tambahan dalam hal pengurangan risiko penyakit atau kematian dini adalah marjinal di luar 150 menit per minggu aktivitas sedang dengan setengah dari jumlah ini menghasilkan manfaat yang signifikan.

Para peneliti menghitung bahwa jika setiap orang dalam penelitian telah melakukan aktivitas sedang yang setara dengan setidaknya 150 menit per minggu, sekitar satu dari enam (16%) kematian dini dapat dicegah.

Namun, bahkan jika setiap orang melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 75 menit per minggu, sekitar satu dari 10 (10%) kematian dini dapat dicegah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya