Ilmuwan Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Obati Kanker

Ilustrasi kanker.
  • Times of India

VIVA Tekno – Artificiall Intelligence (AI) atau Kecerdasan buatan telah mengembangkan pengobatan kanker hanya dalam 30 hari dan dapat memprediksi tingkat kelangsungan hidup sang penderita.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Science, para peneliti di University of Toronto bersama dengan Insilico Medicine mengembangkan pengobatan potensial untuk karsinoma hepatoseluler (HCC) dengan platform penemuan obat AI yang disebut Pharma.AI.

HCC adalah jenis kanker hati yang paling umum dan terjadi ketika tumor tumbuh di hati, menurut Cleveland Clinic.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Ilustrasi kecerdasan buatan.

• www.pixabay.com/geralt

Para peneliti menerapkan AlphaFold, basis data struktur protein bertenaga AI, ke Pharma.AI untuk mengungkap "target baru" jalur pengobatan yang sebelumnya tidak diketahui, untuk kanker dan mengembangkan “molekul hit baru” yang dapat mengikat "target" tersebut tanpa bantuan.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Penciptaan obat potensial dicapai hanya dalam 30 hari sejak pemilihan target dan setelah mensintesis hanya tujuh senyawa.

Setelah putaran kedua menghasilkan senyawa, mereka menemukan molekul hit yang lebih kuat, tetapi obat potensial apa pun harus melalui uji klinis sebelum digunakan secara luas.

“Sementara dunia terpesona dengan kemajuan AI generatif dalam seni dan bahasa, algoritme AI generatif kami berhasil merancang penghambat potensial target dengan struktur turunan AlphaFold,” kata Alex Zhavoronkov, pendiri dan CEO pengobatan Insilico, dalam sebuah pernyataan, melansir New York Post

Ilustrasi planet PSR J1719-1438 rekaan tim ilmuwan Universitas Swinburne

• Swinburne Astronomy Productions

AI dengan cepat mengubah cara obat-obatan ditemukan dan dikembangkan, karena metode trial and error tradisional lambat, mahal, dan membatasi ruang lingkup eksplorasi.

“Penelitian ini adalah bukti lebih lanjut dari kapasitas AI untuk mengubah proses penemuan obat dengan kecepatan, efisiensi, dan akurasi yang ditingkatkan,” kata Michael Levitt, pemenang Hadiah Nobel di bidang kimia.

“Menggabungkan kekuatan prediktif AlphaFold dan target serta kekuatan desain obat dari platform Pharma.AI Insilico Medicine, dapat dibayangkan bahwa kita berada di puncak era baru penemuan obat bertenaga AI," lanjutnya.

Pada tahun 2022, AlphaFold membuat terobosan besar dalam AI dan biologi struktural dengan memprediksi struktur protein untuk seluruh genom manusia.

“AlphaFold memecahkan landasan ilmiah baru dalam memprediksi struktur semua protein dalam tubuh manusia,” kata rekan penulis Feng Ren, kepala ilmiah dan co-CEO Insilico Medicine.

"Di Insilico Medicine, kami melihatnya sebagai peluang luar biasa untuk menggunakan struktur ini dan menerapkannya ke platform AI menyeluruh kami untuk menghasilkan terapi baru untuk mengatasi penyakit dengan kebutuhan tinggi yang belum terpenuhi. Makalah ini adalah langkah pertama yang penting ke arah itu.”

Para peneliti juga menjelaskan bagaimana informasi AI yang berbeda dapat merevolusi perawatan kesehatan.

“Apa yang ditunjukkan penelitian ini adalah bahwa untuk perawatan kesehatan, pengembangan AI lebih dari sekadar penjumlahan bagian-bagiannya,” kata Alan Aspuru-Guzik, seorang profesor kimia dan ilmu komputer di Fakultas Seni & Sains UT.

“Jika seseorang menggunakan model generatif yang menargetkan protein turunan AI, seseorang dapat secara substansial memperluas jangkauan penyakit yang dapat kita targetkan. Jika seseorang menambahkan lab self-driving ke dalam campuran, kita akan berada di wilayah yang belum dipetakan. Pantau terus!"

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open menunjukkan sistem AI yang ditemukan oleh para ilmuwan di University of British Columbia dan BC Cancer mampu memprediksi tingkat kelangsungan hidup pasien kanker menggunakan catatan dokter.

Model tersebut menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP), yang merupakan bagian dari AI yang dapat memahami bahasa manusia yang kompleks. NLP dapat menganalisis catatan dokter setelah kunjungan konsultasi awal dan mengidentifikasi karakteristik individu secara khusus untuk setiap pasien.

Foto ilustrasi sel kanker | news.sky.com

• vstory

Itu mampu memprediksi kelangsungan hidup enam bulan, 36 bulan dan 60 bulan dengan tingkat akurasi lebih dari 80%. Model ini juga dapat menentukan tarif untuk semua jenis kanker, sedangkan model sebelumnya hanya dapat diterapkan pada jenis kanker tertentu.

“AI pada dasarnya membaca dokumen konsultasi yang mirip dengan cara manusia membacanya,” penulis utama Dr. John-Jose Nunez, seorang psikiater dan peneliti klinis di UBC Mood Disorders Center dan BC Cancer, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Dokumen-dokumen ini memiliki banyak detail seperti usia pasien, jenis kanker, kondisi kesehatan yang mendasarinya, penggunaan narkoba di masa lalu, dan riwayat keluarga. AI menyatukan semua ini untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang hasil pasien.”

Tingkat kelangsungan hidup kanker secara tradisional dihitung secara retrospektif dan hanya dikategorikan oleh beberapa faktor umum seperti jenis jaringan dan lokasi kanker.