Layanan SMS Masih Dibutuhkan Pengguna Telkomsel

Menara BTS Telkomsel.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Vice President Global Network Operation Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan bahwa layanan pesan pendek atau SMS masih menjadi andalan pengguna operator telekomunikasi pelat merah tersebut. Menurutnya, layanan SMS akan meningkat hingga 7,6 persen. Apa alasannya?

Perempuan Ini Masuk Jajaran Direksi Telkomsel, Jago IT

"Setiap tahun, SMS pada H-1 Lebaran atau malam Takbiran naik. Karena, masih banyak orang yang berkirim salam di momen RAFI 2023. Lalu, banyak pebisnis juga yang masih mengirimkan informasi massal (blast) melalui SMS," ungkap dia di Cirebon, Jawa Barat, Selasa malam, 28 Maret 2023.

Ia juga memprediksi peningkatan trafik data/broadband akan didominasi game online sebesar 32,4 persen. Adapun game online yang disukai pengguna Telkomsel antara lain Mobile Legends (ML), Free Fire (FF), dan Roblox.

RUPST Telkomsel Sepakati Perombakan Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya

Di belakang game online menyusul layanan pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram yang mencapai 20 persen. Lalu, streaming video dari berbagai platform seperti YouTube dan TikTok dengan porsi 15,6 persen, e-commerce 7 persen, serta media sosial 6,2 persen.

Oleh karena itu terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12,59 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Mengapa Penting Menggunakan Private Network dan Cara Mencegah Social Engineering

Pada kesempatan yang sama, Senior Vice President Consumer Sales Operation Telkomsel Gilang Prasetya mengatakan perlu melakukan optimasi karena untuk memanfaatkan momen Ramadhan hingga Idul Fitri 2023 yang diprediksi akan lebih ramai dibandingkan periode yang sama pada 2020-2022.

"Tahun ini akan lebih ramai. Sebab, ada 123,8 juta orang bergerak dan membutuhkan konektivitas. Jadi jelas, kami ingin sekali memaksimalkan potensi tersebut," papar Gilang.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran tahun ini mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada sektor infrastruktur, penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Ke semuanya itu melengkapi lebih dari 260 ribu unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya