Bukti Privasi WhatsApp Semakin Ketat

WhatsApp.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru untuk penggunanya. Sesuai laporan oleh WaBetaInfo, aplikasi perpesanan instan dapat menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan dan menyembunyikannya dari orang lain. 

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Fitur itu terlihat di pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.8.2 yang tersedia di Google Play Store. Ini akan diluncurkan ke semua pengguna di pembaruan mendatang.

Laporan tersebut mengatakan bahwa setelah fitur tersebut tersedia, pengguna WhatsApp dapat mengunci obrolan tertentu menggunakan kode sandi atau sidik jari. Ini akan menambah lapisan keamanan pada obrolan WhatsApp, memungkinkan pengguna untuk menjaga keamanan informasi sensitif dari orang lain. 

Ini Pesan Babe Cabita Saat Dokter Mengatakan Usianya Tak Lama Lagi

“Secara khusus, Anda dapat mengunci obrolan paling pribadi langsung di dalam kontak obrolan atau info grup," katanya dikutip dari laman Live Mint, Senin, 3 April 2023.

Setelah mengunci obrolan, itu hanya dapat diakses menggunakan kode sandi ponsel atau sidik jari pengguna. Selain itu, setelah obrolan ditambahkan ke daftar obrolan yang dikunci, obrolan hanya akan tersedia di satu perangkati. Jika pengguna mencoba mengakses obrolan yang terkunci ini dan gagal, mereka akan diminta menghapus obrolan untuk membukanya.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

WhatsApp.

Photo :
  • Operation Eagle

Fitur ini juga akan membantu menjaga kerahasiaan media dengan memastikan bahwa file media seperti foto dan video yang dikirim dalam obrolan terkunci tidak disimpan secara otomatis ke galeri perangkat.

Seperti disebutkan sebelumnya, kemampuan mengunci obrolan adalah fitur yang sedang dikembangkan. Ini akan dirilis dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Sementara itu, WhatsApp berencana untuk menyempurnakan fitur pesan menghilangnya dengan menambahkan 15 batas durasi tambahan. Saat ini, WhatsApp hanya menawarkan tiga opsi untuk menghilangkan pesan, yaitu 24 jam, tujuh hari, dan 90 hari.

Opsi baru ini akan dapat diakses dari menu 'Opsi lainnya' dan akan mencakup durasi mulai dari satu tahun hingga hanya satu jam. Fleksibilitas tambahan ini akan memberi pengguna lebih banyak kontrol atas percakapan dan memungkinkan mereka menyesuaikan pengaturan pesan menghilang agar sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya