Mengapa Ada Orang yang Selalu Tidak Tepat Waktu?

Ilustrasi pria terlambat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Kita semua mengenal seseorang yang sepertinya tidak pernah tepat waktu, baik untuk kencan makan siang atau rapat kerja. Tapi apakah ada penjelasan yang bagus mengapa beberapa orang selalu terlambat?

Rahasia Terpecahkan! Makhluk Laut Ini Punya Mata di Seluruh Cangkangnya

Kebiasaan terlambat mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk persepsi waktu, manajemen waktu, dan kepribadian, kata para ahli.

"Kemungkinan ada mekanisme di otak yang menyebabkan beberapa orang terlambat menghadiri rapat karena mereka meremehkan waktu yang diperlukan untuk sampai ke sana," ujar Hugo Spires, seorang profesor ilmu saraf kognitif di University College London dan rekan penulis studi pada 2017 di Jurnal Hippocampus.

10.000 Pekerja Magang RI Diserap Perusahaan Jepang Selama 2023

Hippocampus adalah wilayah otak yang memproses beberapa aspek waktu, seperti mengingat kapan harus melakukan sesuatu dan berapa lama, kata Spires.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Review Neuroscience, menunjukkan bahwa neuron di hippocampus bertindak sebagai 'sel waktu' yang berkontribusi pada persepsi dan ingatan kita tentang peristiwa.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Salah satu faktor yang mungkin adalah seberapa akrab kita dengan suatu ruang. Untuk studi pada 2017, Spires meminta 20 mahasiswa yang baru pindah ke London untuk membuat sketsa peta distrik perguruan tinggi mereka dan memperkirakan waktu perjalanan ke berbagai tujuan.

"Jika Anda sangat terbiasa dengan suatu tempat, Anda mulai mengabaikan kerumitan yang diperlukan," kata Spires, menurut situs Live Science, Selasa, 4 April 2023.

Dalam beberapa kasus, orang yang terlambat mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas yang tidak terkait dengan perjalanan, seperti bersiap-siap di pagi hari. Penelitian menyarankan agar kita membuat perkiraan waktu meski ingatan dan persepsi kita tidak selalu akurat.

"Jika kita memiliki banyak pengalaman dalam melakukan suatu tugas, kita cenderung meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan," kata  Emily Waldum, seorang profesor tambahan di Universitas Campbell di Carolina Utara dan penulis utama studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General.

Ilustrasi wanita dandan.

Photo :
  • U-Report

Waldum menemukan bahwa faktor lingkungan, seperti musik, dapat mendistorsi waktu. Secara khusus, Waldum menunjukkan bahwa saat mengerjakan tugas pertanyaan pengetahuan umum, beberapa orang salah memperkirakan panjang tugas berdasarkan jumlah lagu yang mereka dengar yang diputar di latar belakang.

Orang dewasa yang lebih muda cenderung membesar-besarkan perkiraan waktu mereka jika mendengar empat lagu pendek dibandingkan dengan dua lagu yang lebih panjang, sesuatu yang tampaknya tidak memengaruhi persepsi waktu orang dewasa yang lebih tua.

Faktor lingkungan lain mungkin adalah kepadatan. Dalam studi tahun 2022 di jurnal Virtual Reality, peneliti meminta peserta untuk memperkirakan panjang perjalanan kereta bawah tanah yang disimulasikan kurang lebih ramai.

Mereka menemukan bahwa perjalanan yang padat terasa seperti mereka memakan waktu 10 persen lebih lama daripada perjalanan yang tidak terlalu sibuk, yang dikaitkan dengan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Kepribadian juga berperan dalam keterlambatan. Ciri-ciri kepribadian tertentu , seperti berkurangnya kesadaran, dapat menyebabkan beberapa orang melupakan tugas yang telah mereka rencanakan sebelumnya, kata Waldum.

“Faktor lain yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu seseorang adalah seberapa rentan mereka melakukan banyak tugas,” tambahnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Cognitive Psychology telah menunjukkan bahwa orang yang melakukan beberapa tugas sekaligus, cenderung tidak mengingat dan menyelesaikan tugas terjadwal lainnya tepat waktu.

"Rencana terbaik bisa gagal hanya karena kita tidak memiliki sumber daya perhatian yang cukup untuk melaksanakannya dengan sukses," kata Waldum.

Orang yang terlambat terkadang tidak menganggap diri mereka seperti itu, kata lainnya, Grace Pacie, penulis ‘Late! A Timebender's guide to why we late and how we can change’.

Mereka yang terlambat dari jadwal memberi tahu diri sendiri dan orang lain bahwa mereka bisa tepat waktu. "Kita bisa tepat waktu saat penting, saat akan ada konsekuensi negatif atas keterlambatan kita, seperti ketinggalan pesawat," kata Pacie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya