Terungkap Alasan Buaya Tidak Memangsa Kapibara hingga Jadi Sahabat Dekat

Capybara dengan buaya.
Sumber :
  • boredpanda.com

VIVA Tekno – Capybara atau dalam bahasa Indonesia disebut kapibara merupakan hewan semi-akuatik, sehingga menyukai lingkungan basah yang banyak ditumbuhi rumput dan dekat dengan sungai serta rawa. Hewan yang satu ini juga masuk sebagai hewan pengerat terbesar di dunia. 

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Namun, hewan yang akrab disapa masbro itu adalah sahabat dekat dari buaya dan mereka tidak akan memangsa kapibara. Meski dikenal sebagai reptil ganas dan punya gerakan cepat, bahkan buaya tidak jarang memangsa apa saja jika dia butuh makan. 

Melansir dari YouTube CRC Channel, kapibara merupakan hewan yang sangat sosial, biasanya hidup secara berkelompok dengan jumlah mulai dari 10 sampai 100 ekor per kelompok. Kapibara juga adalah hewan yang memerlukan banyak air untuk bertahan hidup. 

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) adalah raja hewan pengerat

Photo :
  • Live Science

Karena itu, kapibara banyak ditemukan di daerah untuk vegetasi yang lebat dan dekat dengan sumber air layaknya kolam, sungai, atau danau. Bahkan, kapibara juga banyak menghabiskan waktu di dekat maupun di dalam air. 

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Sedangkan di habitat aslinya, kapibara hidup di lingkungan dengan banyak predator seperti jaguar, anaconda, dan buaya. Karena itu, kebanyakan kapibara tidak dapat hidup sampai dewasa karena terlebih dahulu dimangsa oleh predator di lingkungannya. 

Tapi, ketika kapibara dan buaya bertemu, buaya tidak akan memangsa kapibara dan cenderung saling mengabaikan. Meski kadang buaya juga memangsa kapibara. Tapi,buaya sangat jarang untuk memangsa sahabat dekatnya itu. 

Capybara dengan buaya

Photo :
  • boredpanda.com

Melansir dari laman AZ Animals, kapibara merupakan hewan yang begitu ramah. Salah satu kawan dekatnya adalah buaya. Kapibara sendiri mempunyai ukuran yang terlalu besar untuk ditelan oleh buaya. 

Berat hewan yang disapa masbro itu bisa mencapai 143 pon dengan panjang mencapai 4,6 kaki. Oleh sebab itu, buaya dan kapibara terbiasa hidup berdampingan di perairan yang sama. Apalagi, buaya yang hidup di habitat kapibara biasanya jenis caiman.

Buaya jenis yang satu ini adalah spesies buaya yang mempunyai ukuran tidak terlalu besar. Pada dasarnya, caiman lebih memilih memangsa ikan, reptil, burung atau mamalia kecil seperti tikus dan kelinci sehingga jarang memangsa kapibara.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya