Spotify Tutup Fitur Ini karena Tidak Laku

Spotify.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Saat pandemi mengunci semua orang yang ada di dunia ini, aplikasi Clubhouse muncul membawa angin segar di mana kemudian banyak orang berbondong-bondong ingin menggunkan platform tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Banyaknya konsumen yang benar-benar terpikat oleh gagasan interaksi audio real-time itu membuat perusahaan seperti Twitter, Reddit, Spotify, dan Meta membuat platform serupa. 

Sekarang, daya pikatnya telah berkurang dan Spotify telah menutup platform audio langsungnya yang disebut Spotify Live, mengutip dari situs Live Science, Rabu, 5 April 2023.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Kembali pada tahun 2021, Spotify mengakuisisi Betty Labs seharga €57 merupakan platform diskusi berbasis audio langsung yang sebagian besar untuk olahraga. 

Aplikasi ini diluncurkan kembali sebagai Spotify Greenroom pada Juni 2021, dikemas dengan acara audio real-time yang membahas berbagai topik seperti olahraga, gaya hidup, dan hiburan. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Pada April tahun lalu, minat terhadap live audio mulai berkurang, dan Spotify mengganti nama Greenroom menjadi Spotify Live. Satu tahun kemudian, aplikasi Spotify Live ditutup.

Clubhouse.

Photo :
  • Vox

Dalam interaksinya dengan Music Ally, perwakilan layanan streaming tersebut menjelaskan Spotify Live hanyalah 'masa percobaan' untuk melihat bagaimana pendengar berinteraksi dengan bentuk media baru. 

Konsepnya tidak terlalu kuno, tetapi perusahaan streaming audio itu berencana untuk terus mengeksplorasi konsep yang memungkinkan interaksi langsung antara penggemar dan artis.

Setelah hanya dua tahun beroperasi, biaya akuisisi sebanyak US$67 juta tampaknya merupakan harga yang mahal yang harus dibayar perusahaan untuk eksperimen ini. 

Namun akan menarik untuk melihat bagaimana layanan dapat memadukan fitur aplikasi utama yang sudah ada seperti podcast dengan beberapa mode interaksi real-time yang dipinjam dari Live. 

Music Ally mengatakan beberapa acara dari aplikasi yang sekarang sudah tidak digunakan lagi dapat berlanjut sebagai podcast non-live di aplikasi utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya