Merinding, 5 Hewan Ini Ternyata Memakan Pasangannya Sendiri

Belalang peloncat kehilangan gairah melompat.
Sumber :
  • vstory

VIVA Tekno – Layaknya manusia, hewan pun memerlukan pasangan untuk berkembang biak atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, bagaimana jika terdapat hewan yang memakan pasangannya sendiri untuk bertahan hidup? Jika ada, apa saja ya?

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Mengutip Britannica, Jumat, 7 April 2023, di dalam dunia hewan, perkawinan memang dapat menyebabkan kematian akibat pertarungan sesama pejantan.

Selain itu, fakta yang lebih mengejutkan adalah bahwa kanibalisme pada hewan dapat terjadi misalnya mereka membunuh pasangannya lalu memakannya.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Fosil gurita.

Photo :

Hal tersebut lebih banyak dilakukan oleh hewan betina karena mereka membutuhkan banyak energi untuk melahirkan anak dan mendapatkan energi. Sehingga, mereka akhirnya harus memakan pasangannya sendiri atau sering disebut sebagai fenomena kanibalisme seksual

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Lalu, apa saja hewan yang dapat melakukan kanibalisme seksual atau memakan pasangannya sendiri? Berikut daftarnya!

1. Belalang

Jika dibandingkan, belalang betina rata-rata lebih besar dan kuat daripada belalang jantan. Oleh karena itu, belalang betina lebih mudah memangsa belalang jantan. Dalam melakukan kanibalisme seksual, betina akan mengirimkan sinyal kimiawi feromon untuk menarik sang jantan.

Ketika pejantan mencoba untuk kawin dengan betina, ia cenderung diserang. Bahkan jika belalang jantan dipenggal oleh betina, jantan masih bisa kawin, karena saraf di perutnya masih bisa mengendalikan tubuh.

Faktor yang membuat belalang betina melakukannya adalah karena mereka dapat melahirkan 100 telur yang akan membutuhkan banyak energi. Dengan memakan sang jantan, maka betina akan memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk melahirkan telurnya.

2. Jumping Spider (Laba-laba peloncat)

Jaring Laba-Laba

Photo :
  • U-Report

Dalam memilih pasangan, jantan harus membuat betina terkesan dengan gerakan tarian. Sang jantan akan melompat-lompat dan melambai-lambaikan anggota tubuhnya ke mana-mana.

Pada saat yang sama, pejantan juga menciptakan lagu dengan memukul-mukul bagian tubuhnya secara bersamaan. Lagu tersebut cukup mengagumkan jika didengar manusia, karena cenderung memiliki ketukan dan syair yang berbeda.

Jika betina terkesan, maka ia akan kawin dengan jantan tersebut. Namun jika tidak, sang jantan akan dimakan betina loh.

3. Anaconda Hijau

Anaconda Hijau

Photo :
  • U-Report

Anaconda hijau memiliki strategi kawin yang sangat menarik yang mungkin berakhir dengan satu atau lebih pejantan dimakan. Anaconda hijau betina bersifat poliandri dan karena itu akan kawin dengan banyak pejantan.

Terkadang lebih dari 10 pejantan berkumpul di atas betina dan bersaing satu sama lain untuk menemukan kloaka agar mereka bisa kawin. Proses tersebut dapat bertahan hingga empat minggu, sehingga betina kemungkinan besar telah kawin dengan banyak jantan.

Seperti hewan kanibal lainnya, anaconda hijau betina memiliki ukuran yang lebih besar dari pejantan. Saat betina hamil, ia memiliki gerakan yang sangat terbatas. Dengan memakan satu atau lebih pejantan setelah kawin, betina akan mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk melahirkan keturunannya.

4. Kalajengking

Kalajengking

Photo :
  • www.pixabay.com/41330

Kalajengking juga hewan yang mungkin memakan pasangannya lho. Seekor kalajengking betina bisa melahirkan hingga 100 anak. Kalajengking tidak melahirkan telur melainkan anak sehingga hal ini yang membuat mereka membutuhkan energi yang besar.

Oleh karena itu, pejantan yang berada di dekat betina setelah kawin terkadang dibunuh dan dimakan. Sebagai upaya terakhir, ibu kalajengking bahkan mungkin memakan anaknya untuk bertahan hidup.

5. Gurita

Gurita laut dalam

Photo :
  • www.pixabay.com/CSITDMS

Hewan cerdas satu ini pun bisa memakan pasangannya untuk bertahan hidup. Jika tidak, gurita betina akan mati setelah ia melindungi telurnya dan melahirkan.

Pejantan memiliki lengan yang dimodifikasi khusus atau disebut hectocotylus, yang digunakan untuk menyuntikan sperma paket ke betina. Saat sperma pejantan sudah matang, gurita betina akan memakan jantannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya