Merawat kulit dari Bahan Vegan

Ilustrasi vegan.
Sumber :
  • VIVA/Rochimawati

VIVA Tekno – Vegan adalah istilah yang mengacu pada gaya hidup tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging.

Tampil Cantik dan Sehat, Yuk Rawat Kulit Pakai Cara-cara Alami Ini

Tak hanya daging, seorang vegan juga tidak mengonsumsi semua produk hewani, seperti produk olahan susu, telur, dan gelatin yang terbuat dari tulang dan jaringan ikat hewan.

Jadi, seorang vegan hanya mengonsumsi makanan dan produk yang berasal dari tumbuhan saja, seperti buah-buahan, kacang atau biji-bijian, sayur, dan makanan olahan vegan.

Pemprov DKI Mulai Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Secara luas, orang yang menerapkan gaya hidup vegan juga menghindari penggunaan barang/produk lain seperti pakaian dan kosmetik yang tidak diuji pada hewan atau tidak mengandung bahan hewani.

Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

Ilustrasi bahan skincare.

Photo :
  • Freepik

Ilustrasi bahan skincare.

Photo :
Dalam bisnis komestik ada istilah perawatan kulit atau skincare vegan, yakni produk perawatan kulit yang tidak menggunakan bahan campuran dari hewan, baik bagian utama hewan maupun produk turunannya seperti susu dan beeswax.

Karena tidak menggunakan produk sampingan hewani, mayoritas skincare vegan juga tidak melakukan pengujian pada hewan (cruelty-free).

Umumnya, skincare vegan mengandalkan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan utamanya serta menghindari penggunaan bahan kimia keras.

Alhasil, skincare vegan cenderung ramah lingkungan. Tak hanya baik untuk lingkungan, skincare vegan juga menawarkan manfaat yang tidak kalah luar biasanya bagi kulit.

Chanté Essentia misalnya, yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan menggunakan bahan ramah vegan. Produk skincare ini dirancang untuk aman digunakan oleh berbagai jenis kulit, bahkan bagi yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat.

Anak usaha Lifetime Design Interior yang bergerak di sektor fesyen, Chanté, yang didirikan oleh pasangan selebritas Citra Kirana dan Rizki Aditya pada Desember 2023, memperluas cakupan bisnis melalui produk skincare merek Chanté Essentia.

"Aku ingin yang aman-aman saja. Yang bisa dipakai untuk kulit-kulit yang belum pernah menggunakan obat-obat dokter. Ini (Chanté Essentia) bisa banget dipakai untuk yang kulitnya sensitif atau berjerawat. Saya merasa (bisnis) skincare enggak ada matinya," kata Pendiri Chanté Essentia, Citra Kirana.

Chanté Essentia memperkenalkan tiga varian paket perawatan, seperti Chanté Essentia Acne, Chanté Essentia Brightening, dan Chanté Essentia Exclusive yang di dalam setiap paket perawatan berisi 5 jenis varian produk, yaitu Facial Wash, Serum, Toner, Day Cream + Sunscreen, dan Night Cream.

Chanté Essentia menjalankan bisnis ini dengan bermitra dengan PT Ratansha Purnama Abadi, yang berperan sebagai produsen, di mana menurut Citra Kirana, produk yang dihasilkan tetap mengutamakan kualitas. "Kami juga menerapkan model bisnis kemitraan. Tentunya dengan penawaran eksklusif," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya