Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Ilustrasi operator telekomunikasi.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta seluruh operator seluler di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan telekomunikasi selama masa mudik dan Lebaran.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

"Kami minta agar para penyelenggara telekomunikasi menjaga dan meningkatkan kualitas layanan selama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan melakukan penanganan terhadap lonjakan trafik," ungkap Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Tony Supriyanto di Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Menurutnya, penyelenggara layanan telekomunikasi seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredo Hutchison (IOH), serta Smartfren telah berkomitmen menjaga keandalan konektivitas selama masa mudik dan Hari Raya Idul Fitri, masa ketika penggunaan pelayanan telekomunikasi meningkat.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Apabila selama kurun itu Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT) menemukan kendala konektivitas, maka para penyelenggara pelayanan telekomunikasi akan diminta bertindak cepat untuk mengatasinya.

Wayan Tony menyampaikan juga bahwa para penyelenggara layanan telekomunikasi sudah menambah infrastruktur pendukung seperti mobile Base Transceiver Station (BTS) untuk memperkuat konektivitas di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia pada masa mudik dan Lebaran.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Rinciannya, Telkomsel menyiapkan 36 mobile BTS, IOH 38 mobile BTS, Smartfren menyiapkan 337 mobile BTS, dan XL Axiata menyiapkan 59 mobile BTS.

"Melalui PMT juga kami melakukan pengukuran kualitas layanan baik secara drive test dan static test pada beberapa kota dan jalur mudik, antara lain Jakarta, Bandung, Sumedang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Kendal, Medan, Aceh, dan Palembang," katanya.

Penyelenggara layanan telekomunikasi telah mengantisipasi lonjakan penggunaan data menjelang dan selama Lebaran.

Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik broadband bakal mencapai 15,22 persen sedangkan XL Axiata memprediksi peningkatan trafik broadband berkisar 10-20 persen selama kurun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya