MLBB, Free Fire dan Roblox jadi Game Favorit saat Ngabuburit

Free Fire - bundle Sunscale Serpent.
Sumber :
  • Instagram/freefirebgid

VIVA Tekno – Telkomsel Enterprise merilis hasil riset Ramadan Insight 2024 yang dapat dijadikan panduan bagi para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas selama bulan suci Ramadan melalui pemanfaatan ragam solusi layanan digital advertising dan data insight.

Jemaah Haji Jangan Takut Putus Komunikasi Selama di Tanah Suci

Berdasarkan hasil riset tersebut melalui pemanfatan online survey tsurvey.id dan telco data insight, Telkomsel menemukan beberapa valuable insights seperti pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital dengan tingginya akses internet untuk berbagai aktivitas.

Mulai dari browsing, gaming, dan chatting selama Ramadan, kemudian lebih dari 78 persen responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan, sementara lebih dari 60 persen merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran.

Telkomsel 'Gelar Pasukan' di Bali

Vice President Digital Advertising, Wholesale and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya, berharap para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama Ramadan dan mudik Lebaran.

"Berdasarkan hasil riset yang lebih mendalam, menyoroti peningkatan trafik data selama Ramadan di berbagai komunitas," kata dia. Komunitas Gamer, misalnya, mengalami peningkatan trafik data sebesar 20 persen, terutama selama waktu ngabuburit, dengan memainkan game seperti Mobile Legends Bang Bang (MLBB), Free Fire, dan Roblox.

Hasil Studi Lembaga Demografi FEB UI Ungkap Dampak Penetrasi Internet untuk Ekonomi Digital

Roblox.

Photo :
  • Trusted Reviews

Roblox.

Photo :
Segmen Youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10 persen, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama Ramadan.

Di sisi lain, komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26 persen pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama Ramadan, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33 persen, siang hari 21 persen, dan sebelum berbuka puasa 23 persen.

Kemudian, melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, sebanyak 69 persen responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya tunjangan hari raya atau THR yang diterima dalam bentuk tunai sebesar 83 persen dan transfer bank 12 persen.

Selain itu, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadan, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja.

Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60 persen responden, diikuti oleh Tokopedia 20 persen serta Lazada 10 persen. Lalu, perangkat atau gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadan. "Persentasenya smartphone (ponsel pintar/HP) sebesar 63 persen, laptop 22 persen, dan TV baru sebanyak 7 persen," tutur Arief.

Survei digital tSurvey.id.

Photo :
  • Dok. Telkomsel
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya