Content Creator, Artis hingga Perusahaan Media Raup Cuan dari YouTube Shorts

YouTube Shorts.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Data Statista melaporkan bahwa pengguna aktif bulanan YouTube Shorts terus meningkat. Data per Juni 2022 menunjukkan angkanya mencapai 1,5 miliar pengguna, per Juli 2023 jumlahnya menjadi 2 miliar pengguna bulanan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Pertumbuhan ini membuat ratusan ribu pembuat konten atau content creator berhasil meraup cuan dari konten video pendek tersebut.

Secara keseluruhan, orang-orang yang membuat video pendek dan terlibat dengan YouTube jumlahnya luar biasa besar, di mana lebih dari 70 miliar penayangan per hari.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

YouTube Shorts, format video berdurasi 60 detik, pertama kali dirilis pada 2021 atau saat pandemi Covid-19.

Dikarenakan pertumbuhannya, pada tahun lalu, YouTube memperkenalkan program revenue sharing atau pembagian keuntungan di Shorts melalui Program Partner YouTube (YPP).

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

YPP sebenarnya bukan program baru karena pertama kali diperkenalkan 16 tahun silam. Saat ini, program tersebut diikuti oleh lebih dari 3 juta pembuat konten di seluruh dunia dengan lebih dari 25 persennya sudah meraup keuntungan atau cuan dari Shorts.

YouTube Shorts.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Product Director for YPP Thomas Kim mengaku telah melihat lebih dari 80 persen content creator Shorts yang tergabung dalam YPP kini juga memperoleh penghasilan melalui fitur monetisasi YPP lainnya di YouTube, baik berupa iklan video panjang, fan funding, YouTube Premium, BrandConnect, hingga Shopping.

"Yang jelas, Shorts membuka peluang bagi semua pembuat konten untuk memperoleh penghasilan dengan cara lain di platform ini. Mereka juga sudah merasakan hasilnya," tutur dia.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan YouTube saat ini telah membayar US$70 miliar atau sekitar Rp1.110 triliun, tidak hanya kepada content creator, tapi juga artis maupun perusahaan media selama tiga tahun terakhir lewat program YPP secara keseluruhan.

"Video panjang akan terus memberikan hasil yang luar biasa bagi komunitas. Begitu juga sekarang dengan Shorts. Kami mulai melihat bagaimana perpaduan antara pembuat konten, penonton, dan pengiklan telah mengembangkan ekosistem video pendek. Ini peluang baru bagi komunitas, baik secara kreatif maupun finansial," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya