Penampakan Gerhana Matahari Hibrida yang Diabadikan Warganet

Gerhana Matahari.
Sumber :
  • NU Online

VIVA Tekno  – Fenomena Gerhana Matahari Hibrida yang terjadi pada hari ini telah menjadi trending topic Twitter. Dalam #GerhanaMatahariHibrida banyak dari warganet yang membagikan momen saat memasuki fase puncak gerhana.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Sebelum itu perlu diketahui bahwa Gerhana Matahari Hibrida merupakan dua peristiwa gerhana berbeda, yakni Gerhana Matahari Cincin, dilanjutkan Gerhana Matahari Total kemudian kembali ke Gerhana Matahari Cincin.

Beberapa wilayah akan kebagian Gerhana Matahari Sebagian, misalnya seperti Jakarta. Ada juga yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Hibrida, seperti di wilayah Maluku dan Papua.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Berikut adalah serba-serbi fenomena #GerhanaMatahariHibrida yang diabadikan warganet, dikutip pada Kamis, 20 April 2023.

Menggunakan smartphone Oppo

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro

Film gulung

Jam istiwa

Aplikasi Night Sky

Kacamata las

Corong udara

Gerhana Matahari Total

Tahun ini setidaknya akan terjadi 4 gerhana, tapi satu di antaranya tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Selain Gerhana Matahari Hibrida, ada juga Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei dan Gerhana Bulan Sebagian pada 29 Oktober.

Adapun yang tidak bisa kita saksikan adalah Gerhana Matahari Cincin pada 15 Oktober karena Indonesia tidak terkena bayangan antumbra maupun penumbra Bulan.

Gerhana Matahari tidak bisa terjadi setiap Bulan karena orbit satelit alami Bumi itu memiliki kemiringan sebesar 5 derajat. Selain itu durasi drakonis Bulan atau waktu yang dibutuhkan Bulan untuk menempuh orbit dari simpul ke simpul yang sama, rata-rata lebih pendek 2,2 hari dibandingkan dengan durasi sinodis Bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya