Tukang Bangunan Temukan 'Malaikat' Usia 700 Tahun

Ilustrasi malaikat.
Sumber :
  • CCO

VIVA Tekno - Dua lukisan malaikat abad pertengahan ditemukan saat pekerjaan renovasi Katedral Stavanger di Norwegia selatan sedang berlangsung.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Lukisan-lukisan itu disembunyikan selama beberapa ratus tahun, tersimpan beberapa meter di atas tanah dan ditemukan secara tidak sengaja, menurut situs Sputnik Globe, Kamis, 27 April 2023.

Karya seni ini ditemukan oleh tukang batu yang sedang memeriksa apakah plester kapur di langit-langit terpasang dengan kuat. Namun mereka menemukan bahwa itu berlubang dan longgar. Saat perlahan melepasnya, malaikat abad pertengahan setinggi dua meter ini muncul.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Lukisan-lukisan itu secara mencolok rusak akibat kerusakan waktu, tetapi sebagian besar masih dapat diuraikan. Menurut Anne Ytterdal, seorang konservator lukisan di Museum Arkeologi di Universitas Stavanger, lukisan berusia 700 tahun.

Ilustrasi malaikat.

Photo :
  • U-Report
Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

"Salah satu malaikat mengayunkan pedupaan. Warna lain juga digunakan, jadi kami pikir kedua malaikat itu memakai jubah," kata Bettina Ebert, peneliti warisan budaya di Museum Arkeologi di Universitas Stavanger.

Alasan lukisan-lukisan itu ditutupi tetap menjadi misteri. Namun, Ebert, seorang peneliti warisan budaya profesional, menyebutkan dua kemungkinan alasan. 

Pertama, selama reformasi, malaikat yang merupakan motif umum selama abad pertengahan, dikaitkan dengan Katolik dan dengan demikian dianggap tidak diinginkan. Kedua, lukisan bisa saja rusak dan cacat.

Katedral Stavanger dibangun pada tahun 1100-an, yang dapat menampung hingga 800 orang dan dianggap sebagai salah satu tempat wisata sejarah terkemuka di bagian selatan negara Nordik. 

Dihiasi dengan pahatan raja, ini adalah katedral tertua di Norwegia dan tempat kedudukan Uskup Stavanger. Saat ini, tempat itu sedang menjalani renovasi besar-besaran menjelang peringatan 900 tahun gereja dan kota pada 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya