Negara Larang Pria Ini Donor Sperma

Fakta donor sperma.
Sumber :

VIVA Tekno – Seorang pria telah diperintahkan oleh pengadilan di Belanda untuk berhenti menyumbangkan sperma setelah diduga menjadi ayah lebih dari 550 anak di seluruh dunia.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Pria berusia 41 tahun itu bernama Jonathan dalam laporan resmi diketahui telah menyumbangkan spermanya ke klinik kesuburan sejak 2007. Pada 2017, ketika diketahui bahwa dirinya adalah ayah dari lebih dari 100 anak. Jonathan pun kini dilarang menyumbang ke klinik sperma di Belanda.

Namun, menurut temuan kasus perdata baru-baru ini, ia terus menyumbang ke klinik di luar negeri kepada orang yang ditemuinya melalui iklan online dan ke bank sperma Belanda yang menawarkan layanan internasional.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Sementara pengacara Jonathan mengatakan bahwa kliennya termotivasi oleh keinginannya untuk membantu orang hamil, pengadilan menekankan bahwa tindakannya mungkin memiliki konsekuensi negatif bagi keluarga penerima sperma, yang sekarang dihadapkan pada fakta bahwa anak-anak dalam keluarga mereka adalah bagian dari jaringan kekerabatan yang besar dengan ratusan saudara tiri.

Pedoman yang digunakan di Belanda mengizinkan pendonor sperma untuk menjadi ayah dari maksimal 25 anak dalam 12 keluarga, meskipun menjadi lebih sulit untuk mengawasi ketika pendonor dapat menawarkan sperma mereka secara internasional.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • CCRM

Menurut hakim dalam kasus perdata, yang diajukan oleh sebuah yayasan yang bertujuan untuk melindungi hak-hak anak yang lahir melalui donor, Jonathan telah melahirkan antara 550 hingga 600 anak.

Hakim menambahkan bahwa dia sengaja memberi informasi yang salah kepada calon orang tua tentang jumlah anak yang dia miliki di masa lalu, menurut situs IFL Science, Rabu, 3 Mei 2023.

Pria itu sekarang telah dilarang menjadi ayah dari anak melalui donasi sperma dengan potensi denda 100 ribu Euro (Rp1,6 miliar) per pelanggaran.

Jumlah kasus yang mengejutkan seperti ini terjadi di Belanda dalam beberapa tahun terakhir. Seorang pendonor sperma produktif yang dikenal sebagai Louis menjadi ayah dari lebih dari 200 anak melalui donasi sperma, secara khusus berharap jika dia menyumbangkan cukup sperma di mana salah satu anaknya akan melacaknya.

"Jika saya memiliki 10 anak dengan cara ini, kecil kemungkinannya untuk berhasil. Tetapi bagaimana jika saya memiliki 100 atau bahkan lebih?" katanya pada 2018.

Satu tahun kemudian, analisis DNA menemukan dokter kesuburan Jan Karbaat menjadi ayah dari setidaknya 49 anak melalui pekerjaannya di Klinik Rotterdam, secara diam-diam menggunakan spermanya sendiri alih-alih berdonor.

Diyakini bahwa totalnya bisa mencapai 60, meskipun ia meninggal dunia pada 2017 dalam usia 89 tahun, membuat kasus ini jauh lebih sulit untuk diselidiki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya