Gawat! Setengah Danau di Dunia Mengering

Ilustrasi danau yang mengering.
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Tekno – Lebih dari separuh danau dan waduk besar dunia telah menyusut sejak awal 1990-an, terutama karena perubahan iklim, meningkatkan kekhawatiran tentang air untuk pertanian, tenaga air, dan konsumsi manusia, demikian temuan sebuah studi baru.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Sebuah tim peneliti internasional melaporkan pada hari Kamis bahwa beberapa sumber air tawar paling penting di dunia, dari Laut Kaspia antara Eropa dan Asia hingga Danau Titicaca di Amerika Selatan, kehilangan air dengan laju kumulatif sekitar 22 gigaton per tahun selama hampir tiga dekade.

Itu sekitar 17 kali volume reservoir terbesar di Amerika Serikat, Danau Mead.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Ilustrasi danau indah.

Photo :
  • U-Report

Studi yang diterbitkan dalam Science Journal menemukan penggunaan manusia yang tidak berkelanjutan mengeringkan danau, seperti Laut Aral di Asia Tengah dan Laut Mati di Timur Tengah, sementara danau di Afghanistan, Mesir, dan Mongolia dilanda kenaikan suhu, yang dapat meningkatkan air. 

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Ketinggian air juga meningkat di seperempat danau, seringkali sebagai akibat dari pembangunan bendungan di daerah terpencil seperti Dataran Tinggi Tibet Dalam.

Danau dan bendungan alami menyimpan sekitar 87 persen air tawar Bumi, meskipun hanya menutupi 3 persen permukaan planet. Laporan tersebut didasarkan pada data citra satelit yang dikumpulkan antara tahun 1992 dan 2020.

Fangfang Yao, ahli hidrologi permukaan di University of Virginia yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan 56 persen dari penurunan danau alami didorong oleh pemanasan iklim dan konsumsi manusia, dengan pemanasan “bagian yang lebih besar dari itu”.

Ilmuwan iklim umumnya berpikir bahwa daerah gersang dunia akan menjadi lebih kering di bawah perubahan iklim, dan daerah basah akan menjadi lebih basah, tetapi studi tersebut menemukan kehilangan air yang signifikan bahkan di daerah lembab.

“Ini tidak boleh diabaikan,” kata Yao.

Para ilmuwan menilai hampir 2.000 danau besar menggunakan pengukuran satelit yang dikombinasikan dengan model iklim dan hidrologi. Mereka menemukan bahwa penggunaan manusia yang tidak berkelanjutan, perubahan curah hujan dan limpasan, sedimentasi, dan kenaikan suhu telah menurunkan permukaan danau secara global, dengan 53 persen danau menunjukkan penurunan dari tahun 1992 hingga 2020.

Ilustrasi danau yang mengering

Photo :
  • Al Jazeera

Spanyol baru-baru ini melaporkan bahwa reservoir di wilayah timur laut Catalonia sekitar 26 persen penuh setelah berbulan-bulan kekeringan. Sebagai perbandingan, angka itu 58 persen penuh pada tahun 2022. Di Italia, ketinggian air yang luar biasa rendah baru-baru ini tercatat di Danau Garda dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022. Ketinggian air 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ilmuwan dan juru kampanye telah lama mengatakan perlu untuk mencegah pemanasan global melebihi 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit) untuk menghindari konsekuensi perubahan iklim yang paling dahsyat. Dunia saat ini memanas dengan laju sekitar 1,1C (1,9F).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya