Kota New York Akan Tenggelam

Kota New York, AS.
Sumber :
  • NDTV

VIVA Tekno – Penelitian geologi terbaru memperingatkan bahwa berat gedung pencakar langit Kota New York sebenarnya menyebabkan kota ini, yang lebih dari 1 juta bangunannya berbobot hampir 7,7 triliun kilogram, akan tenggelam lebih rendah ke perairan di sekitarnya.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Kota yang dijuluki Big Apple ini menurun menjadi lebih dekat ke air dengan kecepatan 1 hingga 2 milimeter per tahun, “dengan beberapa daerah surut jauh lebih cepat," menurut peneliti. 

Sementara hal ini mungkin tidak tampak signifikan bagi mata yang tidak biasa, penurunan bertahap membuat kota New York sangat rentan terhadap bencana alam, menurut peneliti utama dan ahli geologi Tom Parsons dari United States Geological Survey Lower Manhattan sangat berisiko, dan ada kekhawatiran untuk Brooklyn dan Queens juga, menurut penelitian tersebut.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Amerika Serikat, New York

Photo :
  • pixabay

Lower Manhattan sangat berisiko, dan ada kekhawatiran untuk Brooklyn dan Queens juga, menurut penelitian tersebut.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

“New York menghadapi tantangan yang signifikan dari bahaya banjir; ancaman kenaikan permukaan laut 3 sampai 4 kali lebih tinggi dari rata-rata global di sepanjang pantai Atlantik Amerika Utara. Populasi yang sangat terkonsentrasi sebanyak 8,4 juta orang menghadapi berbagai tingkat bahaya dari genangan di New York,” tulis ia dan timnya dalam laporan terbaru, melansir New York Post. 

New York telah melihat efek keras ini dimulai lebih dari satu dekade lalu.

"Dua badai baru-baru ini menyebabkan korban jiwa dan kerusakan berat di Kota New York," tulis Parsons.

“Pada tahun 2012, Badai Sandy memaksa air laut masuk ke kota, sedangkan hujan deras dari Badai Ida pada tahun 2021 membuat sistem drainase kewalahan karena limpasan yang deras di kota yang sebagian besar beraspal.”

Seburuk apa pun badai Sandy dan Ida, Parsons khawatir bahwa integritas struktural dari banyak bangunan kota dapat berisiko buruk di masa depan.

“Kombinasi penurunan muka tanah tektonik dan antropogenik, kenaikan permukaan laut, dan peningkatan intensitas badai menyiratkan percepatan masalah di sepanjang wilayah pesisir dan tepi sungai,” tulisnya.

“Paparan berulang fondasi bangunan terhadap air asin dapat menimbulkan korosi pada baja tulangan dan melemahkan beton secara kimia sehingga menyebabkan melemahnya struktur," jelasnya. 

Belum lagi, ancaman badai hebat lebih mungkin terjadi dibandingkan beberapa tahun lalu, menurut Parsons.

Efek gas rumah kaca "tampaknya mengurangi penghalang geser angin alami di sepanjang Pantai Timur AS, yang akan memungkinkan lebih seringnya peristiwa badai berintensitas tinggi dalam beberapa dekade mendatang."

Kota New York

Photo :
  • NDTV

Hebatnya, banyak penambahan real estat New York yang dibangun sejak kehancuran badai Sandy, tidak menanggapi situasi ini dengan cukup serius, tambahnya.

“Kota New York menempati peringkat ketiga di dunia dalam hal aset yang terpapar banjir pesisir di masa depan dan 90% dari 67.400 struktur di area risiko banjir pasca-Badai Sandy yang diperluas belum dibangun dengan standar dataran banjir," jelasnya. 

“New York adalah lambang dari pertumbuhan kota-kota pesisir di seluruh dunia yang diamati akan mereda, yang berarti ada tantangan global bersama untuk mitigasi terhadap bahaya genangan yang meningkat." tutup Parsons.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya