Elon Musk Vs Jeff Bezos Bersaing ke Bulan

Jeff Bezos vs Elon Musk.
Sumber :
  • Axios

VIVA Tekno - Sebuah tim yang dipimpin oleh perusahaan luar angkasa Jeff Bezos, Blue Origin memenangkan kontrak NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa) untuk membangun pesawat ruang angkasa yang akan mengirim astronot ke permukaan Bulan dan sebaliknya. 

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Keputusan NASA akan memberi agensi perjalanan kedua ke bulan di bawah program Artemis, setelah memberikan SpaceX US$3 miliar kepada Elon Musk pada tahun 2021 untuk mendaratkan astronot di Bulan untuk pertama kalinya sejak misi terakhir Apollo pada 1972.

Misi awal yang menggunakan sistem Starship SpaceX dijadwalkan untuk akhir dekade ini, menurut laman The Star, Senin, 22 Mei 2023.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Kontrak Blue Origin bernilai sekitar US$3,4 miliar, kata kepala Eksplorasi NASA, Jim Free. Sementara Blue Origin secara pribadi berkontribusi lebih banyak dari jumlah itu, kata Kepala Pendarat Bulan Blue Origin, John Couluris.

"Merasa terhormat berada dalam perjalanan ini dengan @NASA untuk mendaratkan astronot di Bulan -kali ini untuk tinggal," kata pendiri miliarder Amazon.com, Bezos, dalam tweet setelah pengumuman tersebut.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Blue Origin berencana untuk membangun pendarat Blue Moon setinggi 52 kaki (16 meter) dalam kemitraan dengan Lockheed Martin, Boeing, perusahaan perangkat lunak pesawat ruang angkasa Draper, dan perusahaan robotik Astrobotic.

Pendarat Starship SpaceX siap untuk melakukan dua pendaratan pertama astronot di bulan di bawah program Artemis NASA, mengirim sepasang astronot ke permukaan satelit alami Bumi untuk setiap misi. Pendaratan Blue Moon, yang direncanakan pada tahun 2029, juga diharapkan dapat membawa dua astronot ke permukaan.

"Kemitraan kami hanya akan menambah masa keemasan penerbangan luar angkasa manusia ini," kata administrator NASA Bill Nelson.

Bumi dilihat dari Bulan.

Photo :
  • New Scientist

Dia menambahkan bahwa memiliki pendarat Bulan kedua untuk misi agensi Artemis mempromosikan persaingan komersial, menggemakan tren dalam beberapa tahun terakhir yang mengurangi biaya untuk NASA.

Pengumuman hari Jumat di Washington adalah hasil yang ditunggu-tunggu untuk Blue Origin, yang tidak berhasil bersaing untuk mendapatkan kontrak sebelumnya. Perusahaan luar angkasa tersebut mengalahkan tawaran saingan dari kontraktor pertahanan milik Leidos, Dynetics Inc, kepala kemitraan dengan Northrop Grumman.

Perusahaan-perusahaan itu kalah dari SpaceX untuk kontrak 2021, bagian dari program pengadaan pendarat Bulan awal. NASA di bawah program itu mengatakan dapat mengambil dua perusahaan, tetapi karena keterbatasan anggaran, agensi hanya pergi dengan SpaceX.

Kontrak baru ini merupakan dorongan bagi Bezos, yang mendirikan Blue Origin pada tahun 2000, menginvestasikan miliaran dolar ke perusahaan untuk bersaing mendapatkan kontrak ruang komersial dan profil tinggi dengan SpaceX, yang menjadi kekuatan dominan dalam peluncuran satelit dan penerbangan luar angkasa manusia.

Setelah kalah pada tahun 2021, Blue Origin berjuang agar NASA tidak mengabaikan pendarat Blue Moon-nya, pertama dengan badan pengawas dan kemudian pergi ke pengadilan.

Blue Origin dan anggota parlemen telah menekan NASA untuk memberikan kontrak pendarat Bulan kedua untuk mempromosikan persaingan komersial dan memastikan badan tersebut memiliki perjalanan cadangan ke Bulan. NASA pada awal 2022 mengumumkan program untuk kontrak pendarat kedua.

Couluris, yang akan memimpin pengembangan pendarat Bulan Blue Origin, mengatakan penghargaan hari Jumat adalah hasil perjuangan yang sulit, "Kami telah bekerja selama beberapa waktu, dan kami masih siap untuk pergi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya