Daftar Ponsel Xiaomi yang jadi Barang Fosil

Redmi Note 9 Series
Sumber :
  • Indianexpress

VIVA Tekno – Baru-baru ini merek smartphone China, Xiaomi menambahkan 10 perangkat tambahan ke daftar End of Support (EOS), yang menunjukkan bahwa perangkat tidak akan lagi mendapatkan pembaruan firmware atau perangkat lunak dari perusahaan. 

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

Xiaomi belum terlalu konsisten dengan siklus pembaruan perangkatnya karena perusahaan merilis satu atau dua pembaruan Android untuk setiap handset. Jajaran EOS baru Xiaomi terdiri dari ponsel dan tablet yang berusia lebih dari dua tahun.

Perusahaan memiliki siklus pemutakhiran perangkat yang cepat, memaksa merek untuk menambahkan lebih banyak perangkat ke daftar EOS-nya daripada produsen ponsel pintar mana pun. 

Fitur Ini Bisa Jawab Panggilan Telepon hingga Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan

Daftar EOS minggu ini diisi oleh beberapa perangkat dari keluarga Redmi, Redmi Note, Mi, dan tablet Mi yang populer. Berikut daftarnya yang dikutip dari laman 91 Mobiles, Minggu, 4 Juni 2023.

Daftar Xiaomi EOS

Daftar Harga Ponsel Samsung Semua Tipe per 6 Mei 2024

Redmi K20
Redmi Note 7
Redmi Note 7S
Redmi Note 7 Pro
Redmi 7
Redmi Y3
Mi Pad 4
Mi Pad 4 Plus
Mi Play
Mi 9 SE

Redmi K20, yang memulai debutnya lebih dari tiga tahun lalu, tidak diragukan lagi adalah yang paling populer dari sepuluh handset dalam daftar ini. Xiaomi Mi Pad 4 adalah tablet terakhir perusahaan sebelum masuk kembali ke pasar tahun ini dengan Xiaomi Pad 5.

Karena sebagian besar ponsel Xiaomi memenuhi syarat untuk dua versi Android, tidak satu pun dari sepuluh perangkat ini yang menerima MIUI 13.

Redmi Note 7

Photo :
  • Viva.co.id/Sarie

Xiaomi mengikuti siklus pembaruan perangkat lunak Android selama dua tahun untuk perangkatnya, dan karena semua dalam daftar memulai debutnya lebih dari dua tahun lalu, tidak ada di antaranya yang mendukung MIUI 13 terbaru.

Xiaomi kemungkinan akan melakukan hal yang sama terhadap Mi 10 Lite Zoom, smartphone eksklusif China yang rilis pada akhir April. Berikutnya adalah Mi 10 Lite 5G yang masuk dalam daftar EOS (End of Support) Xiaomi.

Seri lain yang berpotensi besar adalah Redmi Note 9 series, seperti Redmi Note 9S, Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. 

Model Redmi Note 9 yang disebutkan di atas memang belum masuk dalam daftar, tapi sesuai buletin keamanan, mereka seharusnya menerima pembaruan keamanan hanya sampai Mei 2023.

Pembaruan keamanan yang berakhir pada bulan April atau Mei menunjukkan bahwa tidak akan ada perangkat lunak baru setelahnya. Semua smartphone ini dirilis pada awal tahun 2020. Jadi Xiaomi mengakhiri dukungan perangkat lunak mereka 3 tahun setelah rilis.

Sebagai perbandingan, perangkat Samsung dengan harga yang sama dari periode yang sama akan terus menerima dukungan perangkat lunak hingga tahun depan (4 tahun). Namun Oppo, Vivo dan Realme memiliki kebijakan yang sama dengan Xiaomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya