Orang yang Pernah Selingkuh akan Lakukan Kesalahan Berulang?

Ilustrasi pasangan atau selingkuh.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA Tekno – Banyak orang percaya bahwa rekam jejak perselingkuhan dalam hubungan adalah tanda pasti akan tetap terjadi perselingkuhan di masa depan. Studi menemukan bahwa itu belum tentu benar.

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2017 menjelaskan masalah ini, mencoba untuk menunjukkan dengan tepat kemungkinan pelanggaran yang berulang.

Para peneliti mengamati 484 pasangan campuran, menemukan bahwa 44 persen peserta dilaporkan terlibat dalam perselingkuhan di beberapa titik selama hubungan. 

Rizky Nazar Menyayangkan Video Tengah Ngobrol dengan Salshabilla Adriani Diedit Oknum

Analisis tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka yang pernah selingkuh di masa lalu tiga kali lebih mungkin untuk selingkuh lagi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mencoba-coba perzinahan.

"Masa lalu jadi hal yang penting untuk sebuah hubungan. Apa yang kita lakukan di setiap langkah dalam sejarah romantis kita akhirnya memengaruhi apa yang akan terjadi selanjutnya," kata penulis studi Kayla Knopp dalam sebuah pernyataan. 

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Namun menurut psikolog Kristin Davin dan ahli saraf Heidi Moawad, tidak setiap orang yang pernah selingkuh akan selingkuh lagi. Namun, penipu berantai adalah orang yang mencari pasangan seksual dengan pola perselingkuhan yang terus-menerus 

Meskipun tidak ada istilah resmi seperti itu dalam psikologi, ada ciri-ciri kepribadian tertentu yang mungkin membuat beberapa orang cenderung tidak setia, kata terapis Ainhoa Plata. Ini termasuk orang-orang dengan gangguan kepribadian narsistik.

Ilustrasi selingkuh.

Photo :
  • U-Report

"Orang narsistik menggunakan orang lain untuk merasa dicintai dan dikagumi. Mereka menyukai tantangan dan terus menerus membuktikan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka berada di atas orang lain. Karena alasan ini, mereka suka menjalani hasrat jatuh cinta. Mereka merasa lebih dikagumi dan dihargai di ruang itu daripada dalam hubungan jangka panjang," lanjut Plata.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa orang narsisis tidak puas dengan hubungan yang stabil dan langgeng, karena seiring berjalannya waktu, pasangannya memperoleh kemandirian dan berhenti mengidolakan mereka. Perselingkuhan akan memuaskan kebutuhan si narsisis.

Orang-orang dengan harga diri rendah juga rentan terhadap perselingkuhan berantai. Kemungkinan mereka memberontak terhadap komitmen atau mencari validasi pada orang lain, kata Ines Barcenas.

“Dengan demikian, tidak semua orang yang tidak setia memiliki gangguan kepribadian atau masalah mental. Terkadang perselingkuhan memang harus dilakukan secara khusus dengan pasangan," imbuhnya.

Tentu saja, ada juga banyak alasan lain  mengapa seseorang melakukan penipuan berkali-kali. Tetapi kabar baiknya adalah itu dapat diperbaiki dan penipu dapat direformasi, melansir dari laman IFL Science, Senin, 12 Juni 2023.

"Tidak ada perawatan cepat. Anda harus memperbaiki identitas, harga diri. Ini adalah jalan yang sangat panjang yang melibatkan penjelajahan dan konfigurasi ulang hubungan antara diri sendiri dan orang lain. Tapi ya, itu mungkin untuk menjadi lebih baik dan menjadi lebih baik untuk orang lain," papar Barcenas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya