Platform Edukasi Digital Ini Dipakai Lebih dari 100 Madrasah di Aceh

Direktur Utama Acer Indonesia, Herbet Ang.
Sumber :
  • Acer/VIVA

Aceh – Acer Indonesia sukses menerapkan program Jelajah Ilmu di Aceh. Jelajah Ilmu adalah suatu platform edukasi digital terpadu yang meliputi platform pembelajaran secara online dan konten pendidikan.

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Program ini membantu melakukan pengelolaan dan distribusi materi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi antar ekosistem sekolah, melakukan pengumpulan dan penilaian tugas, serta meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam pemberian materi dan tugas. 

Program transformasi digital ini bisa digunakan untuk melakukan pengawasan dan analisis performa murid oleh sekolah, guru, hingga orang tua. 

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Ini menawarkan kemudahan proses belajar mengajar sehingga memungkinan penghematan waktu dan sumber daya untuk pengelolaan administrasi sekolah, sehingga guru bisat melakukan hal produktif lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. 
 
Sejak pelaksanaannya hingga saat ini, program tersebut telah digunakan di lebih dari 100 madrasah yang tersebar di 19 kabupaten atau kota, di mana Jumlah tersebut mencakup sekitar 83 persen dari area Provinsi Aceh. 

"Acer Indonesia hadir sebagai perusahaan yang mendorong transformasi teknologi di masyarakat dengan mendukung percepatan digitalisasi pendidikan di madrasah dan sekolah di berbagai daerah di Indonesia," kata Presiden Direktur Acer Indonesia, Herbet Ang dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 22 Juni 2023.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Acer Aspire Vero.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Jelajah Ilmu dikatakan sebagai upaya perusahaan untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dan membantu meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Salah satu sekolah yang menerapkannya ialah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Banda Aceh. Para siswa di sana mengalami peningkatan prestasi akademis.

Pada siswa yang menggunakan Jelajah Ilmu diketahui nilai rata-rata mereka meningkat dari 80 menjadi 90. Siswa juga jadi lebih mudah memahami pelajaran dan mampu melakukan diskusi yang solutif atas pelajaran yang dapat mengasah pengetahuannya.
 
Platform digunakan untuk melakukan pemantauan, penyelesaian masalah di tiap kelas dengan solusi yang tepat, membuat perencanaan sekolah menjadi lebih baik dan terukur.
 
Perusahaan asal Taiwan ini memiliki tujuan untuk mengubah praktik dan metode pendidikan dari metode konvensional menjadi pembelajaran yang modern dengan aplikasi pengajaran inovatif yang membawa fitur-fitur canggih sesuai dengan perkembangan terkini. 

Saat ini, Jelajah Ilmu ikut mendukung pembelajaran kepada ribuan anak didik di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, mulai dari madrasah hingga sekolah. Diharapkan dengan semakin banyak pengguna akan menghasilkan lulusan terbaik di tiap daerah yang siap menghadapi masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya