Reaksi Pendiri Twitter Setelah Platformnya Diacak-acak Elon Musk

Mantan CEO Twitter Jack Dorsey.
Sumber :
  • Washington Post

VIVA Tekno – Pendiri Twitter, Jack Dorsey telah bereaksi terhadap pembatasan baru yang dikenakan pada pengguna untuk melihat tweet. Miliarder Elon Musk, yang membeli Twitter pada Oktober tahun lalu, mengumumkan bahwa pengguna harus memiliki akun di platform media sosial untuk melihat tweet.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Dia menjelaskan itu adalah 'tindakan darurat sementara' untuk menangkal orang-orang yang mengorek situs untuk data tweet, "Kami mendapatkan data yang dijarah begitu banyak sehingga merendahkan layanan untuk pengguna biasa!" ungkap Dorsey.

Menyusul perubahan besar baru pada platform ini, pendiri Twitter Jack Dorsey men-tweet, "Menjalankan Twitter itu sulit. Saya tidak berharap hal itu menimpa siapa pun," katanya.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Dorsey setuju bahwa pembatasan baru dapat mendukung situs media sosial dan menambahkan, "Sangat mudah untuk mengkritik keputusan dari jauh tetapi saya tahu tujuannya adalah untuk melihat Twitter berkembang," jelasnya.

Dia berharap Twitter mempertimbangkan untuk membangun protokol terbuka yang benar-benar tahan sensor seperti Bitcoin dan nostr untuk membantu meringankan beban. Itu merupakan jalan yang baik untuk semua dan penting untuk melestarikan internet terbuka. 

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Netizen bereaksi terhadap tweet Dorsey. Seorang pengguna menulis, media sosial itu adalah satu-satunya aplikasi sosial yang layak. Instagram, Facebook dan Tiktok, semua mengerikan. Dorsey pun menyetujuinya. 

Kepala Eksekutif Tesla dan SpaceX itu telah membuat serangkaian perubahan produk sejak dia mengambil alih perusahaan yang berbasis di San Francisco tahun lalu. Pada bulan Maret, Twitter mulai mengenakan biaya untuk akses ke antarmuka pemrograman aplikasi, atau API.

Elon Musk, CEO Twitter.

Photo :
  • Theverge.com

API Twitter digunakan oleh aplikasi pihak ketiga yang populer seperti Tweetbot dan Twitterific yang sekarang sudah tidak berfungsi, selain peneliti akademis. Sekarang Twitter menagih pelanggan US$42.000 (Rp629 juta) per bulan untuk mengakses hanya satu persen dari tweet.

Pada bulan April, Musk menonaktifkan sementara tombol suka balasan dan me-retweet jika tweet memiliki tautan ke Substack, platform buletin. Setelah mendapat keluhan, Musk kemudian membatalkan perubahan itu.

Twitter juga telah memberlakukan batasan sementara pada jumlah tweet yang dapat dilihat akun setiap hari. Musk di platform menginformasikan bahwa pengguna yang tidak terverifikasi dapat melihat sebanyak 1.000 postingan setiap hari.

Sementara pelanggan Twitter Blue dapat melihat 10.000 postingan untuk mengatasi tingkat ekstrem pengikisan data dan manipulasi sistem, dilansir VIVA Digital dari situs Live Mint, Senin, 3 Juli 2023.

Setelah membatasi jumlah tampilan tweet, musk men-tweet alasannya menetapkan pembatasan tweet adalah 'karena kita semua adalah pecandu Twitter dan perlu keluar. Saya melakukan perbuatan baik untuk dunia di sini'. 

Menyusul pengumuman Musk tentang batasan tersebut, topik yang sedang tren di situs tersebut didominasi oleh keluhan, dengan pengguna memposting tentang #TwitterDown dan RIP Twitter.

Pembatasan dapat mengakibatkan pengguna dikunci dari Twitter selama sehari setelah menggulir beberapa ratus tweet yang telah ditetapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya