AS Khawatir Kapal Penjelajah Titanic Makin Banyak

Penampakan terbaru kapal Titanic.
Sumber :
  • OceanGate

Amerika Serikat – Otoritas AS buka suara mengenai bangkai Titanic dan mengatakan perjalanan turis ke lokasi bangkai kapal itu berisiko merusak secara serius bangkai kapal yang sudah melemah dan membusuk.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Terletak 12.500 kaki atau 3,8 kilometer di bawah permukaan Samudra Atlantik, selalu ada unsur risiko saat menjelajahi reruntuhan tahun 1912 itu, yang juga merupakan kuburan air dari sekitar 1.500 orang yang tewas saat tenggelam, menurut RMS Titanic, Inc. (RMST), presiden Jessica Sander.

"Ini bagian dari perhatian kami, dan ini adalah bagian dari perhatian kami ketika mereka memulai ekspedisi wisata," katanya melansir New York Post, ketika ditanya tentang kerusakan akibat ledakan kapal selam Titan baru-baru ini.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Potongan kapal selam Titan

Photo :
  • The Canada Express
Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

"Ada banyak ekspedisi dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak melakukan apa-apa (hanya melihat). Namun, kami hanya perlu memverifikasi," tutur dia.

Untungnya, puing-puing dari ledakan Titan yang menewaskan kelima penumpang ditemukan 1.600 kaki dari haluan (depan) kapal, yang berarti tidak mungkin menyebabkan kerusakan pada bangkai kapal, tetapi survei dan operasi penyelamatan Penjaga Pantai AS dan Kanada sedang berlangsung.

Jessica mengklarifikasi: “Sekali lagi, kami tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa kapal selam Titan bersentuhan dengan lokasi bangkai kapal. Investigasi sedang berlangsung”.

Kapal selam Titan milik OceanGate Expeditions memulai perjalanannya ke reruntuhan Titanic pada awal 18 Juni, dan mengakibatkan hilangnya lima penumpang, termasuk direktur penelitian bawah air RMST, perintis terkenal Paul-Henri "PH" Nargeolet.

Penumpang yang lainnya adalah mahasiswa pemula Sulaiman Dawood, ayahnya yang pengusaha sukses Shahzada Dawood, penjelajah miliarder Inggris amish Harding dan CEO dan salah satu pendiri OceanGate, Stockton Rush.

Semua tewas di laut dalam ketika bagian dari kapal gagal menyebabkan kerusakan pada lambung bertekanan yang membuat kapal itu meledak, menurut Penjaga Pantai AS.

Sebagai perusahaan dengan hak penyelamatan AS untuk membawa artefak dari bangkai kapal laut dalam ke permukaan, RMST juga merupakan otoritas konservasi situs bangkai kapal Titanic.

Pilot kapal selam harus memiliki keahlian yang diperlukan, dan juga harus mengikuti panduan ketat saat menavigasi situs bangkai kapal Titanic seluas 2,5 mil persegi, kata Sanders.

“Rasanya seperti pergi ke museum, lho,” jelasnya. "Kamu tidak bisa membiarkan anak-anakmu berkeliaran dengan bebas." Tapi dia menolak gagasan bahwa ekspedisi tidak akan pernah dilanjutkan.

Kondisi terkini kapal Titanic

Photo :
  • Irishpost

“Semua orang harus bisa melihat artefak, dan seharusnya bukan hanya seorang jutawan, miliarder atau militer atau pembuat film yang bisa turun ke lokasi bangkai kapal,” kenangnya tentang keyakinan Nargeolet.

“Sulit karena yang ini berakhir dengan tragedi. Tapi apakah menurut saya tanggapannya adalah Anda tidak boleh pergi? Maka itu bertentangan dengan seseorang yang sangat saya hormati, yaitu Nargeolet,” lanjutnya.

Beberapa grup, termasuk organisasi internasional terkenal The Explorers Club dan firma pemetaan laut dalam Magellan, yang biasa menjelajah Titanic, mengatakan bahwa mereka tidak memiliki dan membatalkan ekspedisi ke reruntuhan Titanic yang direncanakan untuk sisa tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya