Alibaba Cloud Pamer Model Penghasil Gambar Berbasis AI

Alibaba Cloud.
Sumber :
  • Dok. Alibaba

Jakarta – Alibaba Cloud, anak usaha Alibaba Group, meluncurkan model penghasil gambar berbasiskan kecerdasan buatan (AI) terbaru Tongyi Wanxiang (Wanxiang berarti puluhan ribu gambar) di World Artificial Intelligence Conference 2023. Versi mutakhir dari model generatif AI ini sekarang tersedia untuk perusahaan di China untuk pengujian beta terbatas.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Selain itu, pionir cloud itu mengumumkan peluncuran ModelScopeGPT, kerangka kerja serbaguna yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan fungsi AI yang kompleks dan spesifik di berbagai bidang mulai dari bahasa, vision, dan percakapan dengan memanfaatkan beragam model AI di ModelScope.

ModelScope adalah platform Model-as-a-Service (MaaS) sumber terbuka (open-source) yang diperkenalkan oleh Alibaba Cloud tahun lalu, yang dilengkapi lebih dari 900 model AI.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

"Dengan dirilisnya Tongyi Wanxiang, ilustrasi gambar berkualitas tinggi dari generative AI akan lebih mudah diakses, berkontribusi pada pengembangan seni AI yang inovatif dan ekspresi kreatif bagi bisnis di berbagai sektor, termasuk e-commerce, game, desain, dan periklanan," kata CTO Alibaba Cloud Intelligence Jingren Zhou, Minggu, 9 Juli 2023.

Tongyi Wanxiang diperkenalkan sebagai Image Generation. Model generatif AI ini diklaim piawai dalam menjalankan berbagai fungsi, merespons perintah teks dalam bahasa Mandarin dan Inggris untuk menghasilkan gambar yang mendetail dalam berbagai gaya, termasuk cat air, cat minyak, dan lukisan hingga animasi, sketsa, ilustrasi datar, dan kartun 3D.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Selain itu, model ini dapat mengubah gambar apapun menjadi gambar baru dengan gaya yang serupa dan menata gambar melalui proses transfer gaya dengan mempertahankan materi gambar asli sambil menerapkan gaya visual gambar lain.

Ditopang oleh teknologi inovatif Alibaba Cloud dalam manajemen wawasan, visual AI, dan natural language processing (NLP), model ini memanfaatkan beragam materi bahasa guna peningkatan uji coba.

Model ini memiliki kemampuan pemahaman semantik yang mumpuni, sehingga menghasilkan gambar yang lebih akurat dan relevan secara kontekstual.

Selain itu, dengan mengoptimalkan proses kombinasi resolusi tinggi berdasarkan rasio signal-to-noise, model ini dapat menyeimbangkan antara keakuratan komposisi dan ketajaman detail, sementara tetap meningkatkan kinerjanya demi menghasilkan gambar yang kontras dan memukau secara visual dengan latar belakang yang bersih.

Tongyi Wanxiang dikembangkan menggunakan Composer, model skala besar milik Alibaba Cloud dengan memberikan keleluasan mengontrol pada hasil akhir gambar, seperti tata letak spasial dan palet, dengan tetap mempertahankan kualitas sintesis gambar dan kreativitas.

Selain itu, Alibaba Cloud juga meluncurkan ModelScopeGPT, sebuah framework yang dirancang untuk memanfaatkan kekuatan Model Bahasa Berskala Besar (Large Language Models) (LLM) yang tersedia di platform ini.

ModelScopeGPT akan menggunakan LLMs sebagai pengendali untuk menghubungkan model pada keahlian bidang tertentu di komunitas open-source ModelScope. Dikembangkan dalam ekosistem Model-as-a-Service yang lebih lengkap, ModelScopeGPT memaksimalkan berbagai kemampuan AI yang dimiliki oleh Alibaba Cloud.

Perusahaan dan pengembang dapat memanfaatkan ModelScopeGPT secara gratis untuk mengakses dan menjalankan model yang paling sesuai untuk melakukan tugas-tugas AI yang kompleks sesuai kebutuhan pengguna, seperti mengembangkan video multibahasa.

Alibaba Cloud meluncurkan LLM bernama Tongyi Qianwen pada bulan April, dan berencana untuk mengintegrasikan LLM dengan berbagai bisnis Alibaba demi meningkatkan kualitas pengalaman pengguna di masa yang akan datang.

Pelanggan dan pengembang perusahaan juga akan memiliki akses ke model ini untuk membuat fitur AI yang dimodifikasi dengan metode yang hemat biaya. Sejak peluncuran model ini, lebih dari 300.000 permintaan pengujian beta terbatas telah diterima dari berbagai perusahaan dari berbagai sektor, termasuk fintech, elektronik, transportasi, fesyen, dan produk susu.

Tongyi Qianwen juga disebut telah terintegrasi ke dalam asisten cerdas Alibaba Cloud, Tingwu, yang memberikan kemampuan bagi asisten untuk memahami dan menganalisis konten multimedia dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi. Lebih dari 360 ribu pengguna telah mengakses asisten bertenaga AI ini sejak diluncurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya