GraPARI Makkah dan Madinah Kini Ada di 5 Titik di Arab Saudi

Komunikasi aman selama ibadah haji
Sumber :
  • Telkomsel

MAKKAH – Urusan komunikasi bagi peserta Haji yang juga pelanggan Telkomsel makin dipermudah dengan adanya 5 titik layanan pelanggan di Arab Saudi, GraPARI Makkah dan Madinah. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dan masih bisa dijangkau oleh para pelanggan Telkomsel yang berhaji.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Lima titik layanan pelanggan itu tersebar di dua wilayah sakral, yakni Makkah dan Madinah. Jika di Madinah terdapat dua titik GraPARI, yaitu di Hotel Tabah Tower dan Hotel Amjad Al Garaa, sedangkan tiga titik GraPARI Makkah ada di Zam-Zam Tower atau Abraj Al-Bait, Hotel Al Kiswah Tower 4, dan Hotel Arkan Bakkah 2. 

Untuk menuju ke lokasi pun cukup mudah, khususnya GraPARI Makkah. Jika Anda berada di dekat Masjidil Haram, temukan bangunan paling tinggi dengan menara jam di atasnya. Itulah Zam-zam Tower. Masuk ke gedung tersebut dan gunakan lift untuk menuju ke P3 dekat area foodcourt. Dari situ, lokasi GraPARI akan langsung terlihat.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Para peserta Haji yang ingin mendapatkan pelayanan terkait jaringan komunikasi Telkomsel bisa mendatangi lima lokasi tersebut. Di Madinah, layanan pelanggan dibuka sejak 24 Mei sampai 18 Juli 2023. Sedangkan GraPARI Makkah baru dibuka 8 Juni dan akan ditutup pada 18 Juli 2023, khusus untuk para peserta Haji.

Apa saja yang bisa dilayani di GraPARI Makkah? 

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Tidak hanya melayani pembelian paket dan isi pulsa, di sana juga melayani proses ganti SIM Card. Tak ketinggalan, melayani aktivasi fitur roaming internasional, pemblokiran Kartu Halo, membantu pengaturan ponsel untuk internetan atau teleponan di Arab Saudi, dan keluhan lainnya yang dialami para peserta Haji.

Sejatinya, GraPARI di Arab Saudi telah ada sejak 2015 silam. Lokasi pertama yang berdiri adalah GraPARI Makkah. Berdirinya GraPARI ini disebut sebagai salah satu wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengedepankan kenyamanan bagi pelanggannya dan akan mampu melayani kebutuhan komunikasi jemaah asal Indonesia yang pergi ke tanah suci baik untuk umroh maupun ibadah haji.

Kemudian pada 2017 dibangun kembali GraPARI, namun kali ini berlokasi di Madinah. Hal ini dikarenakan Madinah merupakan destinasi kedua yang paling banyak dikunjungi peserta Haji, selain Makkah. Dua tahun kemudian, dibuka satu lagi gerai GraPARI di Madinah. Sampai akhirnya tahun ini Telkomsel memiliki 5 GraPARI.

Meski cukup ramai di masa Haji, GraPARI Makkah dan Madinah tidak hanya beroperasi di waktu tersebut saja, melainkan tiap hari. Pasalnya, selain 221.000 jemaah Haji di tahun ini, setiap harinya pasti ada saja jemaah Umroh dari Indonesia yang datang ke Makkah dan Madinah. 

Data Sistem Informasi Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus atau Siskopatuh Kementerian Agama RI menyebut, per Desember 2022, jumlah jemaah umroh dari Indonesia mencapai 957 ribu orang. Ini artinya, setidaknya ada 2.621 orang jemaah umroh dari Indonesia di Arab Saudi setiap harinya.

Belum lagi jumlah WNI yang menjadi TKI di Arab Saudi. Jumlahnya diperkirakan sekitar 833 ribu orang dan dipastikan tinggal bertahun-tahun di negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya