Kiat Mengatasi Kualitas Udara Buruk di Dalam Ruangan

Ilustrasi AC di kamar tidur
Sumber :
  • Dok: SEIN

Jakarta – Polusi udara merupakan masalah lingkungan global yang telah lama dikenal. Namun, kekhawatiran terhadap kualitas udara tidak hanya terbatas pada luar ruangan, tetapi juga mencakup lingkungan dalam ruangan kita sendiri.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Sebagian besar orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan, baik di rumah, tempat kerja, atau tempat umum lainnya. Meskipun mungkin terasa lebih aman daripada polusi udara luar, kenyataannya udara dalam ruangan dapat lebih tercemar daripada udara luar.

Laporan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) menunjukkan, bahwa tingkat polusi udara dalam ruangan di rumah, tempat kerja, dan ruang kelas sekolah biasanya 2-5 kali lebih tinggi daripada tingkat polusi luar ruangan dan dapat dengan cepat menjadi 100 kali lebih buruk.

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Polusi di luar ruangan umumnya terdiri dari PM10, yakni partikulat yang lebih kecil dari 10 mikron, seperti debu, serbuk sari , dan jamur. Lalu ada PM2.5, partikulat yang lebih kecil dari 2,5 mikron yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti knalpot kendaraan, emisi pabrik, dan asap dari pembakaran kayu. PM2.5 juga merupakan komponen utama dari asap kebakaran hutan.

Kemudian partikel ultrafin, berdiameter lebih kecil dari 0,1 mikron yang dapat menembus jaringan paru-paru ke dalam aliran darah dan hampir setiap organ dalam tubuh. Berikutnya adalah ozon atau kabut asap, yang berasal dari gas kendaraan dan proses industri.

Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

Polusi udara luar dapat memasuki ruangan melalui berbagai cara. Partikel polutan seperti debu, asap kendaraan bermotor, dan bahan kimia dapat masuk melalui ventilasi, pintu, jendela, dan retakan di dinding. Gas berbahaya seperti ozon, karbon monoksida, dan nitrogen dioksida juga dapat terakumulasi di dalam ruangan.

Ilustrasi AC di rumah

Photo :
  • Dok: SEIN

Untuk mengatasi bahaya tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, menjaga kualitas udara di lingkungan sekitar yang secara alami bersirkulasi dengan udara di dalam ruangan rumah.

Langkah berikutnya adalah meletakkan tanaman yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan, seperti tanaman lidah mertua. Tanaman ini tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, termasuk cahaya rendah dan kekurangan air.

Terakhir dan tidak kalah penting, yaitu memanfaatkan teknologi seperti penyejuk udara atau air conditioner (AC) yang memiliki fitur pemurni udara air purification. Seperti yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung, yakni Samsung AC WindFree Ultra.

Selain memberikan kesejukan, Samsung AC WindFree Ultra juga menjaga kebersihan udara di dalam ruangan. Dengan filter Air Purification PM1.0, AC ini dapat menyaring partikel-partikel halus seperti debu, bulu hewan, serat, dan debu rumah tangga dalam 20 menit, dua kali lebih cepat dibandingkan PM2.5 Filter. Lebih dari itu, filter yang sudah lulus standar uji bakteri ini juga mampu mensterilisasi lebih dari 99% bakteri berbahaya.

Samsung AC WindFree Ultra memiliki laser sensor, untuk mendeteksi kualitas kebersihan udara dan memiliki indikator status kualitas udara saat itu. Filter copper antibacterial yang terpasang bisa dipakai terus menerus, sebab bisa dilepas pasang dengan mudah dan dicuci dengan air mengalir.

Samsung AC WindFree Ultra sudah diperkuat inovasi WindFree Cooling yang  akan menghadirkan rasa nyaman tanpa rasa dingin berlebihan karena hembusan angin langsung. Teknologi ini akan menyemburkan udara sejuk ke seluruh ruangan melalui 23.000 lubang mikro di badannya, sehingga tidak akan menghembuskan angin langsung ke arah tubuh.

Samsung AC WindFree Ultra

Photo :
  • Dok: SEIN

WindFree Cooling akan menyejukkan ruangan maupun area yang 11 persen lebih luas dan lebih merata serta tanpa suara berisik yang mengganggu.

“Samsung AC Windfree Ultra juga hemat energi, konsumsi listrik terendahnya mulai dari 180 Watt dan bisa dikendalikan dari smartphone dengan aplikasi SmartThings,” ujar Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, Donny Libra dikutip VIVA Tekno 12 Juli 2023.

Sebagai informasi, Samsung AC WindFree Ultra bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp8.299.000 sampai Rp13.599.000 dengan gratis jasa pemasangan dan paket pipa AC sepanjang 5 meter untuk pembelian di Samsung.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya