Biaya Pagar Betis Mark Zuckerberg Rp606 Miliar

Para pengawal Pendiri Meta, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • New York Post

Amerika Serikat – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Meta dikabarkan telah menghabiskan lebih dari US$40 juta atau Rp606 miliar hanya untuk biaya keamanan pribadi Mark Zuckerberg selama tiga tahun terakhir.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Pada saat yang sama, yayasan yang dikelola keluarga Zuckerberg telah menyumbangkan jutaan dolar AS kepada kelompok yang ingin ‘menghapus’ petugas polisi, seperti dikutip VIVA Tekno.

Sejak 2020, Chan Zuckerberg Initiative (CZI) telah mendonasikan US$3 juta kepada PolicyLink – organisasi di belakang DefundPolice.org, menurut reporter investigasi Lee Fang.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kelompok antipolisi itu membanggakan di situs web mereka bahwa upaya dananya untuk "mengurangi peran kepolisian dalam komunitas, dan memberdayakan visi alternatif untuk keselamatan publik," meskipun gagal mencantumkan apa penggantinya.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Kepala Eksekutif Meta, Mark Zuckerberg.

Photo :
  • Adweek

CZI, yang didirikan Zuckerberg bersama istrinya Priscilla Chan, juga telah mendonasikan lebih dari US$2,5 juta kepada grup bernama Solidaire, yang terkenal selalu berusaha untuk menyingkirkan kepolisian.

Solidaire melaporkan pada Juni 2022 tentang program Defund the Police for Funders yang dengan bangga memimpin "Proyek Teror Anti-Polisi", yang mengklaim telah memainkan peran penting dalam menghapus anggaran Departemen Kepolisian Oakland sebesar US$18 juta.

Meta, sementara itu, meningkatkan pengeluaran sebelum pajak untuk keamanan Zuckerberg menjadi US$14 juta atau Rp212 miliar pada 2023, naik dari US$10 juta atau Rp151 miliar selama beberapa tahun terakhir, menurut pengajuan perusahaan yang dirilis pada Februari tahun ini.

Sementara sisanya dilaporkan untuk menutupi perjalanan udara dengan jet pribadi Mark Zuckerberg yang aman. Pria yang kini telah menjadi master beladiri jiu-jitsu, diizinkan menggunakan uang untuk membayar "pegawai tambahan, peralatan, layanan, perbaikan perumahan" dan kebutuhan terkait keselamatan lainnya.

Keluarga Mark Zuckerberg.

Photo :
  • U-Report

Dokumen tersebut mencatat bahwa detail keamanan yang mahal diperlukan karena “posisi dan kepentingan Meta” yang berusia 39 tahun itu.

Faktanya bahwa dia “meminta untuk hanya menerima US$1 dalam gaji tahunan dan tidak menerima pembayaran bonus, ekuitas, penghargaan atau kompensasi insentif lainnya.”

Pada 2021, Meta dilaporkan mengalokasikan total US$27 juta atau Rp408 miliar untuk "program keamanan menyeluruh" yang memastikan keamanan Mark Zuckerberg, Chan, dan ketiga putri mereka. Ini bukan pertama kalinya dirinya tampak munafik dalam hal melindungi keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya