Jack Ma Bukan Orang Terkaya di China Lagi

Miliarder China Jack Ma.
Sumber :
  • instagram @jackmafoundation

VIVA Tekno – Kekayaan Jack Ma semakin menyusut karena pembelian kembali saham mengungkapkan penilaian yang jauh berkurang untuk Ant Group Co, bisnis pembayaran yang ia dirikan bersama rekannya.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Taipan berusia 58 tahun itu memiliki 9,9 persen saham yang sekarang diperkirakan bernilai US$4,1 miliar (Rp61,7 triliun) kurang dari setahun yang lalu, berdasarkan pembelian kembali saham, perkiraan analis rata-rata, dan penilaian Fidelity Investments. 

Pernah menjadi orang terkaya di China, Ma sekarang bernilai sekitar US$30 miliar (Rp452 triliun), kurang dari setengah kekayaan puncaknya sebelum tergelincirnya penawaran umum perdana terbesar dunia pada tahun 2020.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Pihak berwenang China mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan menyelesaikan penyelidikan terhadap Ant, dengan perusahaan membayar denda hampir US$1 miliar (Rp15 triliun) mengutip dari situs The Star, Rabu, 12 Juli 2023.

Perusahaan teknologi keuangan harus merombak model bisnisnya, menarik diri dari sektor-sektor sensitif dan mengurangi persaingan dengan bank-bank yang didukung negara.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Jack Ma. Sumber foto: Warta Ekonomi.

Photo :

Penilaiannya diperkirakan sekitar US$315 miliar (Rp4.747 triliun) setelah IPO, turun menjadi sekitar US$78,5 miliar (Rp1.182 triliun) dengan usulan pembelian kembali saham Ant.

"Ant mungkin perlu membangun kembali basis labanya karena pendapatannya di tahun 2022 hampir setengahnya dari tahun 2020, meskipun peraturan penyelidikan peraturan dapat menunda rencananya untuk meluncurkan kembali IPO," kata Francis Chan, seorang analis senior di Bloomberg Intelligence dalam sebuah pernyataan.

Ma, yang juga merupakan salah satu pendiri Alibaba Group Holding Ltd, melepaskan hak kontrol di Ant pada bulan Januari saat dia mundur lebih jauh dari kerajaan onlinenya menyusul tindakan keras China yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dalam laporan tahunan 2022, Alibaba menegaskan kembali bahwa kepentingan ekonomi langsung dan tidak langsung Ma di Ant Group akan berkurang seiring waktu hingga persentase yang tidak melebihi 8,8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya