Garmen Digital 3D Banjir Peminat

Ilustrasi buruh garmen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA Tekno – Dewasa ini teknologi digital sudah bisa diimplementasikan pada industri fesyen Tanah Air, terutama dalam hal pemasaran, inovasi produk, hingga potensi pelestarian budaya tanpa batas geografis.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Tahun lalu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wanparekraf), Anglela Tanoesoedibjo mengatakan, banyak terobosan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) Experience, NFT, bahkan metaverse.

"Harapannya bisa melindungi hak cipta dan memberikan royalti yang berkesinambungan kepada para kreator,” ujarnya. 

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Teknologi lain yang turut diberdayakan adalah penggunaan 3D (tiga dimensi) untuk meningkatkan desain dan proses produksi. Permintaan akan solusi garmen 3D di pasar Indonesia dikatakan tengah meningkat.

Untuk itu, CLO Virtual Fashion, penyedia solusi garmen digital 3D mengumumkan pembukaan kantor terbarunya di Indonesia yang berlokasi di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan. 

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

"Kami melihat semakin banyak pemimpin industri fesyen di Indonesia yang mengimplementasikan solusi 3D kami untuk mentransformasi proses pengembangan desain dan membawa industri ke tingkat lebih tinggi," kata CEO CLO Virtual Fashion, Simon Kim di Jakarta, Rabu, 12 Juli 2023.

Clo Virtual Fashion buka kantor di Jakarta.

Photo :
  • Clo Virtual Fashion

Menurutnya, pembukaan kantor di Indonesia akan semakin memperkuat kehadiran dan dukungan lokal perusahaan bagi para pengguna.
Merek-merek global seperti Hugo Boss, Mango, dan Adidas turut menggunakan CLO untuk implementasi 3D. 

CLO Virtual Fashion adalah pemimpin global solusi garmen digital yang memberdayakan semua aspek siklus hidup garmen mulai dari pengembangan konsep, desain, manufaktur, pemasaran, pemasangan, dan penataan. 

Melalui software desain fashion, CLO memungkinkan pengguna untuk mendesain pakaian dengan variasi yang tidak terbatas, mulai dari kain, aksesori, pola jahit, serta desain yang dapat dipasang dan dilepas untuk membuat desain yang sempurna.

Mereka kini beroperasi di 13 kantor yang tersebar di 11 negara di seluruh dunia. Kantor di Indonesia merupakan ekspansi terbaru CLO di Asia Tenggara, dan selanjutnya akan membuka kantor di Ho Chi Minh City, Vietnam pada akhir tahun 2023.

Melalui pembukaan kantor di Jakarta, perusahaan menunjukkan komitmennya untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan solusi garmen 3D di Asia Tenggara. Perusahaan ingin memberdayakan industri fesyen Indonesia dan memperkuat kehadirannya di wilayah Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya