Tantangan Teknologi Digital di Dunia Kerja

Webinar Literasi Digital Kemenkominfo
Sumber :
  • Kemenkominfo

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, baru saja mengadakan kegiatan Webinar Literasi Digital di wilayah Bali, Nusa Tenggara.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Kegiatan ini diinisiasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan tingkat literasi digital di Indonesia menuju target 50 juta masyarakat pada tahun 2024.

Webinar ini bertemakan Optimalisasi Teknologi Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja, dan merupakan peran aktif Kemenkominfo dalam menghentikan penyebaran hoaks serta meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia terkait penggunaan teknologi.

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Menurut Survei Indeks Literasi Digital, sejak tahun 2021-2022, Kemenkominfo telah melakukan literasi digital kepada 20.141.097 orang. Pada tahun 2023, targetnya adalah 5,5 juta orang yang akan mengikuti kegiatan literasi digital. Dan pada tahun 2024, diharapkan 50 juta orang telah mengikuti kegiatan literasi di bidang digital.

Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia, Eko Pamuji menjelaskan bahwa masyarakat abad 21 adalah masyarakat yang hidup dengan pola interaksi menggunakan teknologi digital dan media baru.

Indonet Resmikan Layanan Digital Terbaru EDGE 2 dengan One-Stop Solution

“Transformasi yang terjadi dalam dunia kerja mempengaruhi visi, proses, budaya, dan praktik kerja itu sendiri. Oleh karena itu, kemampuan adaptasi dan pengembangan keterampilan secara berkala menjadi kunci dalam menghadapi perubahan tersebut,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Tekno Kamis 13 Juli 2023.

Ilustrasi kerja di kantor

Photo :
  • Pixabay

Managing Director and IMFocus Digital Consultant, Alex Iskandar memberikan tips tentang menjaga keamanan teknologi di tempat kerja, seperti membedakan perangkat kantor dan pribadi, menggunakan password yang kuat dengan OTP dan 2FA, serta berhati-hati dalam mengklik tautan.

“Tidak menggunakan jaringan Wi-Fi publik di laptop kantor, mengunduh aplikasi hanya melalui Play Store dan App Store, serta menggunakan perangkat lunak antivirus berbayar yang terupdate secara berkala,” tuturnya.

Dalam menghadapi perubahan teknologi di dunia kerja, penting untuk meng-upgrade diri sesuai dengan era digitalisasi. Keterampilan digital dasar, penggunaan perangkat lunak, penguasaan media sosial, dan kemampuan beradaptasi dengan cepat pada perubahan teknologi dan lingkungan kerja menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pekerja.

Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi terus menjalankan program Indonesia #MakinCakapDigital melalui kegiatan literasi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk mengikuti kegiatan ini, masyarakat dapat mengakses website literasidigital.id atau mengikuti akun media sosial @literasidigitalkominfo (Instagram, Facebook dan Youtube).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya