Nyuci Pakaian dengan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Sumber :
  • Analytics Insight

VIVA Tekno – Raksasa elektronik Korea Selatan LG Electronics meluncurkan mesin cuci baru dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di Indonesia. Menjejalkan teknologi AI ke dalam produknya menjadi pilihan realistis bagi LG agar tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Ada tiga tipe mesin cuci top loading (bukaan atas), yaitu TV2518DV3B, TV2111DV3B, TV2110DV3B. Ketiganya menjadi yang pertama untuk jenis top loading yang dilengkapi perangkat AI di dalamnya.

Berdasarkan pengujian dari Intertek, lembaga uji internasional, menyebutkan bahwa siklus pencucian dengan mode AI dapat meningkatkan performa perawatan pakaian hingga 11,4 persen lebih baik. Angka tersebut didapatkan dalam uji perbandingan siklus pencucian normal.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

“Hadirnya dukungan AI pada varian mesin cuci yang paling banyak digunakan di Indonesia ini, menjadi upaya LG membuka peluang lebih besar bagi masyarakat untuk merasakan dimensi baru pencucian pakaian," kata Product Director Washing Machine LG Electronics Indonesia Kim Nack Sun, dalam konferensi pers virtual, Senin, 24 Juli 2023.

Mesin cuci LG dengan kecerdasan buatan.

Photo :
  • LG Electronics Indonesia
Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Tiga mesin cuci terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Atau kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh LG bertajuk Inverter Direct Driver. Teknologi tersebut sudah menanggalkan penggunaan rantai karet yang biasa digunakan untuk menghubungkan motor yang berada pada bagian bawah tabung mesin cuci.

Sebagai gantinya, produk ini menggunakan motor penggerak yang langsung terhubung ke tabung cuci. Termasuk penggunaan dua peredam horizontal untuk meredam getaran saat proses pencucian.

Demi meningkatkan faktor higienitas, LG menerapkan bahan semi-stainless steel pada bagian tabung. Di sisi lain, raksasa elektronik Korea Selatan itu pun membuat rancangan khusus filter serat kain yang lebih lebar dibandingkan yang biasa ditemui pada mesin cuci yang sama di kelasnya.

Produk mesin cuci ini memiliki 3 varian yang memiliki perbedaan pada kapasitas pencucian. Bila pilihan pada kapasitas pencucian 18 kg, pelanggan dapat mendapatkannya pada kisaran harga Rp8 jutaan. Sementara untuk kapasitas pencucian lebih kecil, yaitu 11 kg dan 10,5 kg, rentang harganya berada pada kisaran Rp5 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya