Industri di Indonesia Harus Bertransformasi untuk Tetap Kompetitif

MASTEL dan APJII menggelar DTI-CX.
Sumber :
  • Dok. Mastel

Jakarta – Transformasi digital telah membuka peluang baru bagi industri di Indonesia, terutama dalam hal meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) Sarwoto Atmosutarno.

PEVS 2024 Resmi Dibuka, Moeldoko Sebut Pameran Ini Terbesar di Asia Tenggara

"Namun, kita juga dihadapkan pada tantangan seperti keamanan siber, perubahan regulasi, dan perubahan ekosistem TIk (teknologi informasi dan komunikasi) bisnis," kata dia, melalui keterangan resminya, Senin, 24 Juli 2023.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif menyebut industri di Indonesia harus bertransformasi untuk tetap kompetitif.

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

"Kami ingin mereka (para industri) menjelajahi teknologi, produk, dan solusi terbaru yang penting dalam perjalanan transformasi digital," ungkapnya. Untuk itu, Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) digelar yang bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

DTI-CX merupakan platform yang diklaim penting di mana para pengambil keputusan, ahli teknologi, dan profesional dari 10 sektor industri kunci di Indonesia, yaitu pemerintahan, jasa keuangan, kesehatan, telekomunikasi, infrastruktur, manufaktur, transportasi dan logistik, FMCG, dan pendidikan.

Indonesia Vs Uzbekistan, Diskominfo Ajak Warga Jambi Nobar di Gubernuran

"Kami berharap DTI-CX jadi wadah yang memfasilitasi sektor bisnis dan pemerintahan dalam menemukan teknologi, produk, dan solusi terkini yang sangat penting dalam transformasi digital. Konferensi ini sangat relevan dalam membantu industri menghadapi era digital," jelas Arif.

Konferensi DTI-CX juga akan menghadirkan lebih dari 150 pembicara terkemuka, termasuk Prof Mohammed Ali Berawi yang akan membahas tentang 'A New Smart Metropolis: Digital Innovation in Indonesia's New National Capital City', serta Mira Tayyiba selaku Sekjen Kominfo yang akan memberikan update mengenai peran Indonesia dalam transformasi digital sebagai Ketua ASEAN 2023.

Selain itu, Ilham Akbar Habibie akan membahas pentingnya transformasi digital untuk pengembangan infrastruktur nasional yang merata, hingga Dr. Eng. Hary Budiarto M.Kom akan berbicara tentang pemberdayaan masyarakat di sektor keuangan melalui teknologi cloud.

Lalu, ada juga Setiaji akan membahas bagaimana sistem kesehatan dapat menjadi lebih inklusif dengan teknologi cloud. DTI-CX akan digelar pada 26-27 Juli 2023 di Grand Ballroom, JiExpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya