Ini Ciri-ciri pada Kucing yang Akan Segera Melahirkan

Ilustrasi seekor kucing.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat semakin mendekati momen kelahiran, kucing akan menunjukkan ciri-ciri yang mengisyaratkan bahwa mereka akan segera menjadi ibu. Perubahan perilaku dan fisik yang tampak pada kucing menjelang persalinan adalah suatu pertanda alami yang diberikan kepada pemiliknya. 

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Dengan sensitivitas terhadap tanda-tanda ini, kamu dapat memberikan perhatian ekstra pada kucing betina yang kamu pelihara, memastikan bahwa ia siap menyambut kelahiran dan perannya sebagai ibu. Dilansir dari Daily Paws, berikut ini ciri-ciri kucing betina agar segera melahirkan

1. Mencari tempat melahirkan atau “membuat sarang

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Kucing belang tiga.

Photo :
  • Catlovers

Saat mendekati lahiran, kucing kemungkinan akan mencari tempat untuk melahirkan atau "membuat sarang". Kamu mungkin akan menemukan kucing betinamu sedang menyiapkan sarang di area yang tenang dan terpencil di rumah. Inilah tempat di mana mereka berencana melahirkan anak kucingnya.

Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya

Kamu juga dapat membantu membangun sarang dengan menawarkan selimut bersih di kandang atau kotak kardus. Tentu tempat yang kamu bantu buat harus sudah disediakan pula makanan, air, dan kotak pasir di lokasi yang mudah diakses di dekat area melahirkan.

2. Perubahan pada Kelenjar Susu

Ilustrasi kucing hamil

Photo :
  • Pixabay

Beberapa hari sebelum melahirkan, kelenjar susu pada kucing betina yang hamil akan membesar. Kemungkinan juga puting susunya mungkin akan bocor kolustrum, atau yang dikenal sebagai susu pertama. Kemudian, putingnya akan menjadi lebih gelap dan bulu di sekitarnya juga akan menipis.

3. Penurunan Suhu Tubuh

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Pixabay

Tidak perlu melacak suhu tubuh kucing betina yang akan melahirkan, tetapi jika kamu melakukannya, kamu akan memperhatikan penurunan sedikit menjelang hari lahiran. Suhu tubuh normal kucing adalah 101 hingga 102,5 derajat Fahrenheit. Sekitar 24 jam sebelum melahirkan, suhu tubuhnya akan turun beberapa derajat menjadi 98 atau 99 derajat Fahrenheit.

Kucing yang Melahirkan untuk Pertama Kalinya

Jika ini kali pertama kucingmu melahirkan, jangan sampai tergoda untuk ikut campur. Biarkan kucing melahirkan secara alami, kecuali memang terjadi masalah di tengah prosesnya. Jangan menggunakan obat atau suplemen penenang tanpa arahan dokter hewan karena semua obat kemungkinan bisa berdampak buruk pada anak kucing nantinya. Jangan juga terlalu banyak menyentuh anak kucing yang baru lahir, biarkan induknya yang mengurus, kecuali memang butuh bantuan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya