Jawaban Santai Ketua Umum APJII soal Menkes 'Sowan' ke Elon Musk

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia/APJII Muhammad Arif Angga mengaku heran sekaligus mempertanyakan langkah Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bertemu Elon Musk dan pilih Satelit Starlink untuk penyediaan akses internet di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang terletak di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

"Kami sendiri heran. Mungkin, prasangka kami, Menkes Budi (Gunadi Sadikin) belum update produk yang sudah existing di Indonesia. Padahal ada BuanterOne, Telkomsat," kata dia di Indonesia Internet Expo and Summit (IIXS) yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, JUmat, 11 Agustus 2023.

Untuk itu, APJII berencana untuk bertemu Menkes Budi Gunadi Sadikin terkait ketersediaan layanan internet dari anggotanya yang bisa dimanfaatkan oleh puskesmas.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

"Kami akan menginformasikannya ke Menkes secepatnya. Baik secara formal maupun informal, bahwa ada banyak solusi. Puskesmas masih berada di kecamatan. Itu masih bisa terjangkau oleh broadband yang disediakan oleh anggota APJII. Jadi enggak hanya ada di sana (Starlink)," kata Arif Angga.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk.

Photo :
  • Kemkes

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa urusan tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab operator seluler. "Harus operator seluler karena infrastruktur mereka lebih kuat. Penyelenggara pelayanan telekomunikasi tetap operaror seluler," ujar dia, ketika ditemui di kantornya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Starlink sudah membuat perjanjian dengan Telkom. Jadi jika satelit milik Elon Musk mampu untuk mengakomodasi permintaan dari Budi Gunadi, tidak perlu menunggu hingga Satria-1 beroperasi di awal 2024.

Sebagaimana diketahui, Menkes Budi Gunadi Sadikin bertemu langsung dengan Elon Musk untuk membicarakan perihal kemungkinan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Starlink.

Tercatat, saat ini masih ada sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas Pembantu yang belum memiliki akses internet. Peningkatan akses internet ini diharapkan dapat membuka akses pelayanan yang lebih baik pada masyarakat.

"Ini merupakan upaya kami untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air. Puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyarakat yang sehat harus dipastikan infrastrukturnya memadai," papar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya